Air dan Pembangunan Berkelanjutan

24 Maret 2015

(Peringatan Hari Air Sedunia, 22 Maret 2015)

Hari Air Dunia (world water day) pertama kali dicetuskan pada konferensi PBB tentang lingkungan dan pembangunan th 1992. Selanjutnya PBB menyetujui & mengesahkan bahwa tanggal 22 Maret setiap tahun diperingati sebagai Hari Air Dunia.

Tema peringatan Hari Air Dunia th ini adalah  Water & Sustainable Development atau Air dan Pembangunan Berkelanjutan, ini menyoroti pentingnya air dalam agenda pembangunan berkelanjutan.

Air memegang peranan dalam pengentasan kemiskinan, pertumbuhan ekonomi dan kelestarian lingkungan. Air memberikan kontribusi dalam ketahanan pangan dan energi, kesehatan masyarakat dan lingkungan serta mata pencaharian penduduk bumi.

Air sangat penting bagi kesehatan manusia. Tubuh manusia dapat bertahan berminggu minggu tanpa makanan, tetapi hanya hitungan hari manusia dapat hidup tanpa air.

Air sangat penting bagi kelangsungan hidup. Namun air juga bisa membuat manusia tidak sehat manakala air menjadi media pengantar penyakit dan mengkonsumsi air yang tercemar.

Program penyediaan air bersih dan sarana sanitasi dilaksanakan secara lintas sektor di provinsi Lampung dimana Dinas Kesehatan bertanggung jawab atas pengawasan kualitas air dan penyuluhan kesehatan yg bertujuan menurunkan/meminimalisasi/menekan faktor resiko lingkungan guna menurunkan angka kesakitan yang disebabkan dan ditularkan melalui air sehingga masyarakat terlindungi dari gangguan kesehatan dan kejadian penyakit yang ditularkan melalui air.

Potret kesehatan di th 2014 untuk penyehatan air dan sanitasi dasar di provinsi Lampung didapatkan bahwa perilaku penduduk yang menggunakan jamban sehat adalah 60,8%. Kualitas air minum yang memenuhi syarat adl 45,8 % & akses penduduk terhadap air minum yang berkualitas adalah 62,5% serta perilaku cuci tangan pakai sabun sebesar 63,9% dimana keempat indikator tersebut masih dibawah target yang diharapkan.

Peran serta masyarakat sangat dibutuhkan utk mencapai target tersebut. Kebiasaan buang air besar (BAB) di jamban sehat, Cuci tangan pakai sabun harus terus dibiasakan dari kecil.

Peran dunia usaha dan organisasi masyarakat yang selama ini telah membantu perlu terus dijaga keberlanjutannya agar masyarakat Lampung sehat maju dan sejahtera. (Rilis Dinas Kesehatan Lampung)