Arinal Minta PT PGE Berperan Nyata di Tanggamus dan Lampung

DL/18062020/Tanggamus

---- Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi menegaskan bahwa peran serta secara aktif PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) untuk daerah kabupaten Tanggamus khususnya dan Lampung pada umumnya sangat diharapkan.

Peran itu diantaranya juga memperhatikan berbagai keperluan infrastruktur di daerah ini serta beberapa sektor lain yang menyangkut hajat hidup warga sekitar.

Demikian disampaikan Gubernur Arinal saat kunjungan kerja ke PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) di Kecamatan Ulubelu Kabupaten Tanggamus pada Kamis Siang 18 Juni 2020.


Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi, didampingi Bupati Tanggamus, Dewi Handajani dan General Manager PT Pertamina Geothermal Energy (PGE) Ulubelu, Mawardi.

Gubernur menegaskan bahwa PT PGE sebagai salah satu penyedia dan pengelola sumber panas bumi di Provinsi Lampung harus mampu memanfaatkan sumber panas bumi ini semaksimal mungkin, karena energi panas bumi merupakan energi andalan di masa depan.

"Di masa depan energi panas bumi merupakan energi andalan karena sangat ramah lingkungan dibandingkan dengan sumber energi lainnya seperti batubara," ungkap Arinal.

Arinal menyampaikan dukungan dan apresiasi atas upaya yang telah dilakukan oleh PT PGE dan Pemerintah Kabupaten Tanggamus sehingga selama ini petani kopi dan lada yang berada di wilayah sekitar PT PGE mendapat pembinaan dan bantuan seperti pelatihan dan permodalan.

Gubernur berharap agar Tanggamus tetap mempertahankan stok ketersediaan 11 komoditi strategis guna memasok kebutuhan Provinsi DKI.

Dalam kaitannya dengan pembangunan infrastruktur, Arinal menegaskan agar pembangunan akses jalan yang menghubungkan Kabupaten Lampung Barat dengan Kabupaten Tanggamus sepanjang 11 Km dapat terealisasi dengan melibatkan peran serta dari PT PGE. “PT PGE juga bisa berperan di sini,” katanya.

Sementara itu GM PT PGE menyampaikan bahwa peran serta PT PGE dalam upaya memanfaatkan energi panas bumi sebagai sumber energi yang ramah lingkungan, berkelanjutan, dan merupakan sumber energi untuk masa depan serta peran PT PGE dalam upaya membantu penanganan dampak Covid-19 bersama Pemerintah Kabupaten Tanggamus.

“Sumber panas bumi dimanfaatkan sebagai energi pembangkit tenaga listrik, dimana PT PGE bertindak sebagai penyedia energi panas bumi yang selanjutnya dikelola oleh PT PLN.” Jelas Mawardi.

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Tanggamus, Dekan Fakultas Pertanian Unila, GM Natarang Mining, dan GM Tanggamus Electric. (tim)

Tags