X

*** TERIMA KASIH ANDA TELAH SAKSIKAN DETIKLAMPUNG STREAMING TV SETIAP HARI ***      *** Video on Demand kami siapkan atas saran & permintaan masyarakat pembaca setia detiklampung.com *      

Luar Biasa, Desa Gendot Ternyata Punya Pesona Wisata

  • dibaca 4234 kali

    DL /16032015/Kotabumi

    ---- Desa Genjot yang baru-baru ini ditemukan situs batu akik Barus Kodok khas Lampung Utara itu ternyata menyimpan misteri obyek wisata yang mempesona dan masih perawan. Di tengah hutan kawasan Register 34 Talang Kodok ini secara alami terdapat potensi wisata alam yang sangat indah dan berkelas dunia.

    Ini dibuktikan oleh rombongan peninjau dari kabupaten Lampung Utara, usai mengamankan lokasi keberadaan batu akik Baros Kodok di Hutan Kawasan Register 34 Talang Kodok Desa Gendot Kecamatan Tanjung Raja, aparat Pemkab Lampung Utara dengan pimpinan rombongan Kepala Bappeda Azwar Yazid langsung meninjau beberapa lokasi potensi pariwisata di wilayah setempat Jumat (13/3).

    Talang Kodok yang berada di lokasi kawasan hutan lindung Register 34 Kecamatan Tanjung Raja. Berjarak 5 Kilometer dari lokasi penemuan batu akik itu, terdapat juga air terjun berteras tiga yang sangat mempesona. Lokasi ini oleh masyarakat sekitar dinamakan Air terjun Mandi Angin.

    Namun untuk mencapai lokasi tersebut, akses jalan hanya dapat dilalui dengan kendaraan roda dua, bahkan untuk mencapai dasar air terjun hanya bisa ditempuh dengan berjalan kaki menuruni bukit yang sangat curam dengan ketinggian kurang lebih 100 meter.

    Para peninjau bersama rombongan sangat berhati-hati menuruni bukit yang sangat curam bahkan perjalananpun sempat terhambat karena hujan. Dengan perjuangan yang cukup berat harus menyeberangi sungai, melewati lembah dan menuruni jurang akhirnya tim peninjau sampai di dasar air terjun. Luar Biasa, ini sangat mahal.

    Sungguh mempesona keberadaan air terjun yang belum terjamah oleh aktivitas warga ini. Air terjun bertingkat tiga itu juga bercabang dua. Lokasi ini sangat berpotensi untuk dijadikan wisata alam, namun akses jalan menuju lokasi masih perawan, alami.

    Selain terdapat wisata air terjun Mandi Angin, Talang Kodok juga memiliki berbagai fosil yang konon adalah peninggalan pra sejarah. Salah satunya yaitu batu yang menyerupai kodok dan di sekitarnya terdapat beberapa batu yang tertata rapi bak ruang pertemuan para raja-raja pada jaman dahulu kala. Namun tidak ada yang mengetahui asal-usul keberadaan batu kodok dan fosil lainnya.

    Menurut Azwar Yazid, rencananya lokasi ini akan dijadikan salah satu tujuan wisata di Kabupaten Lampung Utara. ”Banyak sekali potensi wisata yang terdapat di Gendot, kami akan segera berkoordinasi dengan pihak terkait untuk menata lokasi wisata di sini.” Ujar Azwar.

    Selain itu, untuk mempermudah pengunjung pemerintah harus terlebih dahulu memperbaiki akses jalan menuju lokasi. ”Yang pasti akses jalan menuju lokasi ini yang harus diperbaiki, sehingga dapat mempermudah pengunjung untuk mencapai objek wisata. Tetapi tetap harus mempertimbangkan lokasi tetap lestari dan tidak rusak karena kendaraan keluar masuk.” terangnya.(Rd-11)

     

  • Berita Terkait

  • Rycko: Bantuan Musrenbang Harus Bermanfaat Nyata

    Menabung di Bank Juga Berkontribusi Untuk Pembangunan

    Rycko : Perlu Inovasi Untuk Produksi Berdaya Saing

  • Belum Ada Komentar

  • Isi Komentar