Di Rumah Mewah Ini Bupati Ditangkap

28 Juli 2018 - 07:22:24 | 1944 | HUKUM & KRIMINALITAS

DL/28072018/Bandarlampung

---- Bupati Lampung Selatan Zainuddin Hasan ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK karena mengarahkan proyek. Dia ditangkap di rumahnya pada Kamis 26 Juli 2018 malam.

Rumah pribadi adik Ketua MPR Zulkifli Hasan ini terletak di Jl Masjid Bani Hasan, Kalianda, Lampung Selatan. Rumah megah bercat putih itu punya halaman luas. Di sampingnya, berdiri Masjid Bani Hasan dan pondok pesantren dengan nama yang sama. 

Pantauan detikcom di lokasi, kompleks rumah Zainudin berdiri di tanah yang luasnya sekitar 1 hektare. Antara rumah dan masjid hanya dibatasi pagar tinggi. 

Satpol PP yang bertugas menjaga rumah orang nomor 1 di Lampung Selatan tersebut membenarkan adanya penangkapan KPK pada Kamis 26 Juli 2018. KPK datang sekitar pukul 22.00 WIB. 

"Iya, KPK datang ke sini kemarin. Sekitar jam 22.00 WIB. Tapi yang jaga bukan saya," kata petugas Satpol PP yang tak mau disebut namanya di lokasi, seperti dirilis detikcom Jumat 27 Juli 2018. 

Dia mengatakan, sebelum pindah ke Jl Masjid Bani Hasan, Zainudin tinggal di rumah dinas di dekat pendopo bupati. Ia pindah sekitar akhir 2017 setelah kompleks rumah dan masjid rampung dibangun. Di bagian belakang rumah juga berdiri kolam renang pribadi. 

Zainudin Hasan ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK karena mengarahkan proyek agar jatuh ke tangan CV 9 Naga milik Gilang Ramadhan. Dari arahan ini, Zainudin mendapatkan fee 10-17 persen.

KPK juga menetapkan anggota DPRD Lampung Agus Bhakti Nugroho dan Kadis PUPR Anjar Asmara sebagai tersangka penerima suap. Sementara itu, Gilang Ramadhan dari CV 9 Naga ditetapkan tersangka karena memberi suap. (*/detikcom)

Foto: Rumah bupati Lampung Selatan, foto detikcom