Pelatihan Juleha Berjalan Mulus, 125-an Peserta Ikuti Teori dan Praktik Langsung

DL/Bandarlampung/Humaniora/24022024

---- Tak kurang dari 125-an peserta mengikuti pelatihan dan praktek penyembelihan halal yang diselenggarakan Dewan Pimpinan Wilayah Juru Sembelih Halal (DPW Juleha) Provinsi Lampung selama sehari penuh di Islamic Center Rajabasa Bandarlampung, Sabtu 24 Februari 2024.

Pesertanya 125 orang, terdiri dari 80% pelaku sembelih atau tukang potong ayam di RPA di beberapa tempat di Lampung, juru Sembelih RPH, pengurus dan Takmir/DKM Masjid serta anggota Juleha yang ingin meningkatkan dan merefresh ilmunya tentang sembelih halal.

Menurut ketua DPW Juleha Lampung, Saluddin, S.H., M.Si, dari 125 peserta tersebut 20 diantara akan mengikuti juga acara Sertifikasi Halal yang akan diadakan sepekan setelah ini.

“Alhamdulillah peserta yang ikut dalam kegiatan ini sangat antusias dan terus bertambah kesadaran untuk ikut dalam kegiatan Sertifikasi Halal. Ya kita memang harus sabar dan terus bergerak maju untuk membela ummat,” katanya disela acara pelatihan itu.

Saluddin mengucapkan terima kasih kepada seluruh yang terkait dengan pelaksanaan kegiatan periode satu ini. “Semua bekerja keras agar acara ini berjalan lancar dan bermanfaat. Seluruh panitia luar biasa dan kredibilitas tinggi terhadap Juleha. Semoga kerja keras dan kerja ikhlas ini mendapatkan pahala yang setimpal, karena ini dalam rangka meniti jalan Halal yang dibenarkan oleh agama kita,” tambahnya.

Manfaat dari pelatihan ini tentu sangat besar bagi perkembangan kesadaran bahwa seluruh produk makanan itu harus halal agar bisa dinikmati masyarakat dalam halalan toyiban.

Kedepan, tambah Saluddin, Juleha Lampung akan terus mengkampanyekan produk halal dari proses sembelih halal untuk menyambut aturan pemerintah yang kelak akan diberlakukan, yakni seluruh produk makanan harus berlebel halal dengan sertifikasi yang resmi.

“Dan Juleha juga memberikan sertifikasi itu, melalui berbagai tahapan dan uji materi yang sebenarnya. Sertifikasi Kompetensi Juru Sembelih Halal akan dilakukan 1 Maret 2024, dengan peserta 20 personil, dan mungkin masih bisa bertambah,” ungkapnya.

Materi pelatihan hari itu sangat lengkap mulai teori, dalil dan fiqihnya, serta praktik. Materi akan disampaikan oleh para expert dibidangnya masing-masing:

1. Ustadz Maulana Isnain, L.C.,MA. ( Dewan Syari'ah Juleha Lampung): Fiqih Sembelihan Halal

2. Dr. H. Mahmuddin Bunyamin, Lc, MA. ( Dewan Syari'ah Juleha Lampung/Asesor Produk Halal BPJPH Kemenag RI) : Asesmen/Sertifikasi Produk Halal.

2. SALUDDIN, S.H.,M.Si, (Ketua DPW Juleha Provinsi Lampung) :  Standar Kompetensi Juru Sembelih Halal

3. drh. Purnomo, M.Si ( Dosen Fakultas Pertanian Universitas Lampung) : Kesejahteraan Hewan

4. Asep Supriadi ( Ketua DPD Juleha Kab. Pringsewu) : Pemilihan dan Teknik Asah Bilah

5. Syareat Efendi (Sekretaris DPD Juleha Kota Metro): Penggunaan APD, Simpul Tali Ikatan & Perebahan Hewan Sembelihan

6. Yogi Indra (Pengurus DPD Kita Metro) : Tekhnik Penyembelihan dan Pengetahuan tentang Buther

7. H. Maryono ( Pengurus DPD Balam): Tekhnik dan Praktek Sembelih Unggas. (don)