Bukan Cuma Rencana, Nunik Sudah Dirikan Desa Wisata

12 April 2018 - 19:28:54 | 2781 | PARIWISATA

DL/12042018/Lamtim

---- Mendorong ekonomi pedesaan tidak saja hanya melalui pertanian, namun banyak hal yang dapat diupayakan. Salah satunya membangun desa wisata untuk mendorong perekonomian masyarakat.

Ini diungkapkan Calon Wakil Gubernur Lampung nomor urut tiga Chusnunia Chalim (Nunik), Kamis 12 Maret 2018 di Lampung Timur.

Dia menegaskan menyampaikan jika dipercaya memimpin Provinsi Lampung ke depan, akan bangun desa-desa wisata melalui sistem ekowisata untuk mendorong ekonomi pedesaan.

Nunik mengungkapkan potensi desa wisata di Provinsi Lampung belum digali, padahal potensi pintu gerbang Pulau Sumatera ini sangat bagus.

Salah satunya Kabupaten Lampung Timur, dalam satu tahun terakhir selama dirinya menjabat sebagai bupati sudah mendirikan desa wisata melalui program ekowisata dengan melibatkan warga desa setempat dan alangkah baiknya program ini bisa diikuti oleh seluruh wilayah di Lampung.

“Kami akan membangun pariwisata dengan memberikan anggaran khusus sekaligus menggerakkan masyarakat untuk bergotong-royong pariwisata desa,” ujar calon wakil gubernur yang berpasangan dengan Arinal Djunaidi calon gubernur Provinsi Lampung.

Kabupaten Lampung Timur dalam kepemimpinan Nunik gencar mengembangkan pariwisata. Pada tahun ini tidak kurang dari 100 festival yang digelar di daerah itu untuk mendorong pengembangan pariwisata, termasuk wisata desa. Diantara sukses pariwisata di daerah itu, setiap digelar Festival Waykambas, dihadiri puluhan ribu pengunjung. 

Pada saat ini program tersebut masih berjalah bahkan tengah menggelar platihan  desa wisata, yang fungsinya untuk  menciptakan lapangan pekerjaan melalui wisata desa. Harapannya semua desa dapat menciptakan lapangan pekerjaan melalui wisata desa. “Karena wisata desa memiliki banyak peluang ekonomi kepada masyarakat,” paparnya. (Lis)