X

*** TERIMA KASIH ANDA TELAH SAKSIKAN DETIKLAMPUNG STREAMING TV SETIAP HARI ***      *** Video on Demand kami siapkan atas saran & permintaan masyarakat pembaca setia detiklampung.com *      MOHON MAAF SELAMA SEPEKAN, KAMI TIDAK DAPAT DIAKSES KARENA SEDANG ADA PERBAIKAN. NAMUN SAAT INI SUDA      

Khamami Imbau Masyarakatnya Ikuti Sidang Isbath

  • dibaca 123 kali

    DL/22112017/Mesuji   

    ---- Pemerintah Kabupaten Mesuji melalui Kepala Bagian Kesejahtraan Masyarakat (Kabag Kesra) menyelenggarakan Pelayanan Sidang Isbath Nikah Terpadu tahap ke 2, yang bekerja sama dengan Pengadilan Agama Tulang Bawang serta Kementrian Agama kabupaten Mesuji, Di Aula Kecamatan Tanjungraya, Desa Brabasan kecamatan Tanjungraya, Selasa 14 November 2017.

    Diadakannya program sidang Isbath Nikah Terpadu ini merupakan program dari Bupati Mesuji, bahwa sebagian besar masyarakat di kabupaten Mesuji, terutama kelompok miskin menghadapi hambatan biaya, jarak, dan waktu dalam melakukan proses pencatatan perkawinan dan pencatatan kelahiran.

    Maka berdasarkan pertimbangan di atas meski kabupaten Mesuji memiliki APBD yang terkecil di provinsi Lampung, Bupati Mesuji bergerak cepat dalam mengatasi persoalan ini.

    Pelaksanaan kegiatan ini didasarkan pada Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan, Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan sebagaimana diubah dengan UU Nomor 24 Tahun 2013.

    Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pelayanan Terpadu Sidang Keliling, Pengadilan Negeri dan Pengadilan Agama dalam rangka Penerbitan Akta Perkawinan, Buku Nikah dan Akta Kelahiran.

    Pada Sidang Isbath tersebut dihadiri Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bandar Lampung Drs. H. Endang Ali Maksum, SH, MH, Ketua Pengadilan Agama Tulang Bawang, Drs. Rahmat, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mesuji, Helmi, Wakil Ketua 1 DPRD Kabupaten Mesuji, Musholi, Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji, Rizal Fauzi, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD pada lingkup Kabupaten Mesuji, Kepala KUA se-Kabupaten Mesuji, Para Hakim dan Panitera Persidangan.

    Dalam laporannya Kepala Bagian Kesejahtraan Masyarakat Selamet Sulaiman Mengatakan “Penyelenggaraan sidang Isbath tahap ke 2 ini yang dihadiri 172 pasang peserta yang lolos dalam verifikasi dari 200 pasang peserta yang berasal dari 5 kecamatan, kecamatan Tanjung Raya 14 pasang, Wayserdang 3 pasang, Mesuji 34 pasang, Rawajitu Utara 26 pasang dan Mesuji Timur 95 pasang.” Jelas Sulaiman.

    Sulaiman  menambahkan  bahwa program Sidang Isbath nikah kepemilikan Surat nikah gratis sesuai ketentuan Bupati Mesuji. “Ini salah satu program Pak Bupati Mesuji, harapan kami pada tahun 2018 pak Bupati Mesuji tetap menganggarkan program ini.” Ucap Selamet Sulaiman.

    Dalam kesempatan itu Bupati Mesuji Khamami mengatakan bahwa Sidang Isbath Nikah Terpadu ini, salah satu pelayanan pemerintah Kabupaten Mesuji lakukan.

    “Mudah-mudahan dengan ini, bisa bermanfaat bagi peserta sidang Isbat terutama masyarakat Kabupaten Mesuji.” Ungkap Khamami.

    Khamami  menambahkan agar peserta sidang Isbath menyampaikan kepada para tetangga-tetangganya untuk bisa mengajukan persaratan pendaftaran persiapan Sidang Istbath untuk Tahun 2018.

    “Pemerintah Kabupaten Mesuji berencana akan mengadakan Sidang Isbtah untuk 500 pasang peserta, dan bila masih ada lagi masyarakat yang belum memilki buku nikah, Insya Allah kalau anggaran masih ada akan kita tambahkan lagi di APBD P 2018.” Jelasnya. (SUP)

  • Berita Terkait

  • DPRD Dan Pemkot Metro Sepakati Raperda APBD 2018

    Mustafa Gowes Sepeda Kumbang Dengan Kostum Tempo Doeloe

    Puluhan Kilogram Ganja Diamankan Polres Lamteng

  • Belum Ada Komentar

  • Isi Komentar