Rekor MURI Lamteng Pecahkan Buleleng

01 Agustus 2017 - 10:55:50 | 7880 | KESEHATAN

DL/01082017/Lampung Tengah

---- Kabupaten Lampung Tengah kembali mentereng memecahkan rekor dunia MURI dengan pemeriksaan tes Iva dan Deteksi Kanker Payudara dengan peserta terbanyak 11 ribu orang. 

Rekor ini  memecahkan rekor yang pernah dibuat kabupaten Buleleng, Bali yang pernah tercatat di rekor MURI pada tahun 2013 dengan 7.200 peserta perempuan.

Kegiatan itu diikuti kaum hawa dari berbagai kecamatan di Lampung Tengah yang mengikuti pemeriksaan tes Iva dan Deteksi Kanker Payudara tersebut dan dipusatkan di gedung Sessat Agung Nuwo Balak Gunung Sugih Lampung Tengah. Selain juga digelar di 13 kecamatan se Lampung Tengah.

Perwakilan MURI yang hadir diantaranya Awan Raharjo, Triono dan bupati Lampung Tengah beserta kepala SKPD setempat.

Bupati Mustafa menyempatkan untuk berkomunikasi dengan para peserta dan bidan di beberapa kecamatan dengan menggunakan teleconferen.

Mustafa mengatakan selain untuk memecahkan rekor MURI, pemeriksaan tes Iva dan Deteksi Kanker Payudara kegiatan ini bertujuan untuk pencegahan, penanggulangan kanker rahim dan payudara yang menjadi penyakit ibu rumah tangga dan khususnya kaum perempuan pada umumnya.

“Tercatat setiap dua menit di Indonesia bahkan dunia, pasangan rumah tangga terkena penyakit berbahaya tersebut. Pemeriksaan tes Iva dan Deteksi Kanker Payudara salah satu upaya pemerintah daerah untuk mengatasi permasalahan tersebut,” kata Mustafa.

Sementara itu  Awan Raharjo perwakilan MURI menegaskan bahwa Lampung Tengah berhasil memecahkan rekor MURI pemeriksaan tes Iva dan Deteksi Kanker Payudara dengan peserta 11 ribu peserta perempuan.

“Rekor ini mengalahkan kabupaten Buleleng, Bali pada tahun 2013 yang pernah menggelar acara serupa dengan jumlah peserta 7.200 orang perempuan.” Katanya. (ADV/joe)