Mustafa: Kelancaran Ini Peran Semua Pihak

25 Juni 2017 - 01:56:52 | 2091 | BERITA DAERAH

DL/25062017/Lampung Tengah

---- Bupati Lampung Tengah, Dr. Ir. Mustafa, M.H. menegaskan bahwa penanganan jalur mudik di wilayah hukum Lampung Tengah telah disiapkan sedemikian rupa dari seluruh jajaran terkait, mulai dari TNI, Polri, Dinas Perhubungan dan pihak terkait lainnya.

Ini semata-mata untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pemudik yang melintasi kawasan Lampung Tengah selama arus Mudik dan arus balik mudim Lebaran 1438 hijriyah  atau 2017.

Ini diungkapkan Mustafa saat melihat langsung pengamanan arus Mudik dan kegiatan Malam Takbiran di Pos Pelayanan Mudik tahun 2017 di depan masjid Istiqlal Bandar Jaya, Sabtu malam 24 Juni 2017.

“Arus mudik tahun ini lebih padat dari tahun 2016,  tapi karena adanya 4 jalur alternatif yang telah disediakan Pemkab Lampung Tengah bekerjasama dengan instansi terkait menyebabkan kemacetan yang selalu terjadi di Jalur Lintas Tengah khususnya di kawasan Pasar Bandar Jaya dapat teratasi,” terang Bupati yang dikenal dengan program Kece ini.

Menurut Bupati, hal ini dikarenakan kekompakan TNI, Polri, Dishub, Senkom dan Satpol PP menjadikan situasi di setiap pos dan titik kemacetan dapat diatasi dengan lancar.”Menghadapi arus Mudik tahun ini, jalur alternatif akan selalu digunakan selama termonitor akan adanya peningkatan arus lalu lintas di jalur utama. Sehingga kepadatan kendaraan dapat segera terurai dan lalu lintas berjalan lancar.” Ujarnya.

Ia menambahkan selama arus balik juga akan digunakan jalur alternatif seperti jalur Tol Trans Sumatera yang dapat digunakan, sehingga akan memecah kemacetan di Pasar Bandar Jaya.

Sementara itu AKBP Purwanto Puji Sutan SIK, Kapolres Lampung Tengah mengatakan terkait keamanan pihaknya sudah memberikan instruksi kepada masing-masing Polsek di Lampung Tengah untuk dapat menjaga wilayahnya dan kegiatan Takbir keliling diarahkan melaui jalur alternatif agar jalur utama lintas Sumatera terbebas dari iringan konvoi kendaraan yang akan melaksanakan Tàkbir keliling.

“Untuk Keamanan selama arus mudik tahun 2017 ini. Kami telah menginstruksikan kepada seluruh satuan Polsek se Lampung Tengah bahwa agar bertanggung jawab atas wilayahnya masing-masing. Lalu untuk kegiatan takbir keliling telah diarahkan ke jalur-jalur alternatif, sehingga Jalur Lintas Tengah Sumatera terbebas dari konvoi.” kata Purwanto.

Mantan Kapolres Mesuji ini menambahkan bahwa jajaran Polres Lampung Tengah juga siap memberikan pelayanan sàat arus balik lebaran 2017, baik yang melalui jalur utama ataupun jalur alternatif yang telah disiapkan. Sehingga para pemudik yang melintasi jalur lintas Sumatera khususnya wilayah Lampung Tengah merasa aman dan nyaman. (ted)