Panahan Jajaki Kekuatan Lawan di Jogjakarta, Ayuni Raih Perunggu

DL/Jogjakarta/Sport/30062024

---- Tim Panahan Lampung melakukan penjajakan kekuatan hasil latihan selama ini dengan mengikuti Jogja Open Archery Competition 2024 yang digelar di lapangan Bumijo Kota Jogjakarta, 22-29 Juni 2024.

Di sini beberapa kelas yang dipertandingkan adalah nomor-nomor yang juga akan dipertandingkan di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut mendatang, yakni ronde nasional Standard Bow, Divisi Recurve, dan Compound open.

Pada kejuaraan terbuka ini diikuti pemanah dari berbagai daerah baik yang lolos PON maupun yang tidak lolos PON, sehingga persaingan berjalan ketat di hampir seluruh nomor pertandingannya.

Lampung dengan kekuatan 11 atlet yang diturunkan di even ini mengikuti seluruh nomor yang dipertandingkan.

“Ini sebagai try-out yang berat sebenarnya, karena sebagian besar tim Panahan PON dari seluruh Indonesia turun ke sini. Namun ini juga penting bagi kami untuk memberikan pemanasan bertanding dengan situasi yang mirip dengan PON nanti,” kata Kusyoto, manajer tim panahan Lampung kepada mediasenior.id disela-sela pertandingan kelas junior Standard Bow, dimana satu pemanah junior Lampung masuk ke jajaran 4 besar.

Daerah yang turun di even ini antara lain Kalimantan Timur, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, Jawa Barat, Lampung dan beberapa lainnya.

“Seluruh daerah dengan tim inti PON nya turun di sini, terutama daerah-daerah yang kuat.Ya seperti PON mini lah. Ini yang membuat kami semangat karena tantangannya. Namun anak-anak memang tampil tegang jika berhadapan dengan lawan dari daerah besar. Selain itu, beberapa hari pertandingan turun hujan di venue kami. Jadi ini perlu antisipasi sepulang dari Jogja ini,” kata Kus.

Satu pemanah putri Lampung, Mesra Ayuni berhasil menembus dominasi atlet Pulau Jawa, dan meraih medali perunggu pada divisi Recurve. Pemanah lainnya rata-rata terhenti di babak 16 besar, meski dengan selisih nilai yang sangat tipis.


Tim Panahan kali ini dipimpinan manager Kusyoto, Pelatih: Panji Warih, Suci Dwi Mega S, Taufan BK, M. Mas Aditya. Dengan kekuatan atlet:

Atlet Standard Bow putra

1. Asmaradanta Matin

2. Farrel

Atlet Standar Bow putri

1. Najwa Aulia S

2. Masaya Syifa

3. Ni Komang Devi

4. Yuantirta

Atlet Divisi Recurve putri

1. Mesra ayuni

2. Zifara

Atlet Compound putra

1. Sulthan Nadindra

2. M. Raditya

3. Alvin AD.

(don)