Gratis Daftar Turnamen Bola Voli Gubernur Kalteng Cup 2023, Hadiah Total Rp580 Juta

DL/Bandarlampung/Sport/01062023

----- Dalam rangka peringati HUT Provinsi Kalimantan Tengah yang bertepatan dengan Hari Bhayangkara, digelar sebuah even besar Bola Voli yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Tengah bersama Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Bola Voli seluruh Indonesia (PBVSI) Kalteng yang dipusatkan di Palangkaraya.

Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), H. Sugianto Sabran bersama Wakil Gubernur H. Edy Pratowo yang mensupport penuh turnamen olahraga ini memang menekankan agar Kalteng terus meningkatkan prestasi olahraga dari berbagai cabang, termasuk Bola Voli.

Oleh karenanya even ini dibuka secara nasional untuk klub-klub Bola Voli yang berminat. Tercatat sudah 11 tim putra dan 5 tim putri yang mendaftar. Diantara pendaftar ini ada nama tim besar Indonesia yakni Surabaya Samator, MWL Ciamis, JVC Jakarta, CJDW Kutai Timur Kaltim, DKI Jakarat, Bartim, Kotim, Sukamara, Bhayangkara Polda kalteng, Pulang Pisau, Dinas kehutanan Provinsi Kalteng.

Kemudian dibagian putri, Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng, Vini Vidi Vici Kaltim, DKI Jakarta, Sylva Sukabumi dan TNI AL.

Ketua panitia pelaksana Adi Nur Fajar menyampaikan bahwa pendaftaran untuk turnamen ini gratis. “Sudah terdaftar 11 tim putra dari target 12 tim. Dan putri ada 5 pendaftar dari target juga 12 tim. Peserta tidak dipungut biaya pendaftaran atau Gratis,” katanya.

Panitia masih membuka kesempatan pendaftaran hingga tanggal 18 Juni 2023 dan untuk informasi pendaftaran, dapat menghubungi panitia, Martion (0853 4885 5907).

Dalam event ini panitia menyiapkan hadiah fantastis bagi tim juara berupa medali dan piala, serta uang pembinaan total Rp 580 juta. Dengan rincian tim putra dan putri juara pertama Rp100 juta, juara kedua putra dan putri Rp80 juta, dan seterusnya juara ketiga Rp60 juta dan juara keempat Rp 50 juta.

Persiapan Venue

Adi Nur menegaskan karena ini even nasional maka harus dipersiapkan venue yang memenuhi standar nasional pula. Dan saat ini panitia juga masih dalam  rangka membenahi venue yang rencananya akan dihelat di Sport Indoor Jl. Tjilik Riwut km 5,5, dari 18 sampai 25 Juni 2023.

Dia menambahkan, persiapan untuk melaksanakan kegiatan ini sudah 80 persen. Hal-hal yang berkaitan dengan peralatan pertandingan sudah disiapkan.

Kemudian untuk teknis pertandingan juga sudah tidak ada masalah, termasuk panitia sudah terbentuk dan sudah rapat koordinasi beberapa kali.

“Untuk perangkat pertandingan, Dispora bekerjasama dengan Pengprov PBVSI, menggunakan Sumber Daya Manusia dari Kalteng dan juga Pengurus Pusat Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PP PBVSI) dengan jumlah 60 orang terdiri dari Wasit, Juri, Hakim Garis, Ball Boy, pel lapangan dan lainnya.” Ungkapnya.

Panitia juga membagi tugas untuk sebagian melakukan sosialisasi kepada masyarakat Kalteng untuk dapat berpartisipasi serta menyaksikan acara yang berlevel nasional ini.

“Dengan adanya kegiatan ini, Pemerintah Provinsi Kalteng mengharapkan jadi motivasi untuk kebangkitan prestasi dari berbagai cabang olahraga yang ada di Kalteng. Ini salah bentuk perhatian Pemerintah Provinsi Kalteng. Semoga nanti kedepan khususnya bola voli bisa berprestasi di tingkat nasional bahkan internasional,” kata Adi, Rabu 31 Mei 2023 sore, usai rapat bersama panitia di kantor Dispora, Jalan Katamso Palangkaraya. (Ril/don)