Atlet Lontar Martil Lampung Raih Emas di Kejurnas Atletik U-18 Yang Diikuti 7 Negara di Jogja

Mediasenior/Jogjakarta/Sport/25072024

--- Dua Atlet Atletik Junior Lampung asal SMA Negeri 1 Wayjepara Lampung Timur mampu menunjukkan kekuatannya di Kejurnas Atletik U16 & Indonesia U18 Open Championships 2024 yang berlangsung di stadion Mandala Krida Yogyakarta, 20-24 Juli 2024.

Adalah Muhammad Dava Tri Nugroho dari Lampung dalam persaingan lontar Martil itu mencatatkan lontaran paling baik yakni 47.55 meter yang dilakukannya pada lontaran ke empat dari 6 kali kesempatan.

Dalam lontaran pertama Dava melakukan foul atau kesalahan, lontaran kedua 45.63 meter, lontaran ketiga 47.55 m, dan lontaran kelima kembali foul, di lontaran ke enam 43.88 meter.

Ditempat kedua Cyreninus Rafael dari Jawa Barat dengan lontaran terbaiknya 42.77 meter, yang dilakukannya pada lontaran ketiga. Sementara di tempat ketiga Ikhsan Saputra dari DKI Jakarta dengan lontaran terbaiknya 42.67 meter. Ini juga diperolehnya dari lontaran ke tiganya.

Lampung juga membawa pulang medali Perunggu dari nomor Jalan Cepat 5000 meter putra atas nama Azmi Syam Akahdham dengan catatan waktu 25:56:33 menit.

Medali emas untuk nomor ini dimenangkan oleh atlet asal Korea Selatan Seo Beomsu dengan waktu terbaiknya 21:20:24 menit. Dan Perak direbut atlet asal Sulawesi Barat, Ainul Yaqin Sulbar dengan waktu tempuh 22:30:45 menit.

Dalam nomor ini diikuti 22 Pejalan Cepat dari Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Tengah dan lain-lain. Azmi satu-satunya atlet putra yang diturunkan dari kontingen Lampung.

Ini Atlet Lampung yang turun di Kejurnas Atletik U16 & Indonesia U18 Open Championships 2024;

Untuk Usia 18 tahun:

1. Syam Ahdan Azmi nomor 5000 Jalan Cepat

2. Muhammad Daffa Tri Nugroho nomor Lontar Martil putra

3. Rosiana Nur Sofi Agustin nomor Lontar Martil putri

4. Novi Anggun Lestari nomor Lari 400 m Putri

5. Galuh Chandra Hidayat nomor Lari 800 meter Putra

Kelompok U-16

1. Muhammad Ichsan nomor 3000 meter putra

2. Miftah Wira Akbar nomor 800 meter putra

3. Makhalya Asika Rachel nomor 100 meter Putri

4. Zaskia Novaliza nomor 3000 Jalan Cepat putri

5. Aulia Putri Cahyani nomor 3000 m Putri

Tim ini didampingi Manajer Marsum dengan para pelatih Hadi Wacono, Sarmiyati, Okriyandi dan Abdullah Syukri.

Acara LPS Kejurnas Atletik U16 & Indonesia U18 Open Championships 2024 diikuti oleh lebih dari 1.000 atlet, pelatih, dan ofisial dari 38 provinsi di seluruh Indonesia. 

Ada pula perwakilan dari tujuh negara yaitu Australia, Thailand, Timor Leste, Korea Selatan, Hong Kong, Singapura, Filipina. Kejuaraan ini akan mempertandingkan 200 nomor lomba mulai tanggal 20-24 Juli 2024.

Pelatih Atletik Lampung, Hadi Wacono mengatakan bahwa dalam perlombaan tingkat junior ini memang masih sangat ketat, apalagi kali ini diikuti oleh atlet dari luar negeri, yang tidak bisa dianggap enteng oleh atlet Indonesia meskiupun dalam kategori pelajar dan junior.

“Kami memang terus mempersiapkan generasi penerus untuk atletik di Lampung dengan berbagai upaya sekuat tenaga, karena darah kami memang sudah di olahraga atletik. Meskipun dukungan dari pemerintah dan dinas-dinas terkait masih setengah hati, yaa gak papa. Kami tetap jalan kok sebisanya.” Kata Hadi merendah.

Seperti diketahui, bahwa untuk persiapan atlet PON dari cabor Atletik sangat kesulitan. Karena tidak bisa menggunakan stadion Pahoman  dengan ideal, padahal alat-alatnya sudah berada di sana sejak lama. Namun kondisinya masih sulit untuk bisa maksimal, karena lebih dominan untuk kegiatan masyarakat umum.

Dikonfirmasi dari dinas terkait juga tidak bisa memberikan solusi, karena katanya stadion itu fasilitas umum untuk olahraga masyarakat. Sehingga untuk olahraga prestasi malah yang terpinggirkan.

Bahkan saat menghadapi PON sepenting ini. (don)