Tim Desk Pilkada Pesibar Ucapkan Terima Kasih Pada Masyarakat

DL/11122020/Pesibar

--- Tim Desk Pilkada Pesisir Barat (Pesibar), menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi terhadap seluruh elemen masyarakat yang telah memberikan hak pilihnya dalam pelaksanaan Pilkada serentak, Rabu 9 Desember 2020 kemarin.

"Kami dari Tim Desk Pilkada Pesibar mengapresiasi penuh atas peran aktif masyarakat yang telah menyalurkan hak pilihnya untuk mensukseskan helatan Pilkada serentak kemarin," ucap Sekkab, N. Lingga Kusuma, didampingi Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Nurman Hakim, dan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Audi Marpi, Kadis Kominfo Miswandi dan Edwin Kastolani ( Kabag Hukum)  di Posko Desk Pilkada Pesibar Tahun 2020, Kamis 10 Desember 2020.

Lingga mengatakan dalam proses pelaksanaan pilkada, pihaknya mengakui adanya beberapa kendala yang terjadi di lapangan. "Adalah masalah cuaca, dimana dibeberapa titik terjadi hujan deras. Akan tetapi proses pelaksanaan tetap berjalan kondusif," jelasnya.

Kendala lainnya adalah terjadi penumpukan masyarakat yang antrean untuk melakukan pencoblosan. Hal itu disebabkan banyaknya masyarakat yang datang tidak sesuai jadwal. "Namun kami langsung mengimbau agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan dan langsung meninggalkan lokasi setelah mencoblos," lanjutnya.

Berkaitan dengan hasil penghitungan suara yang dilakukan oleh Tim Desk Pilkada, menurut Lingga, hasil dimaksud bukan menjadi panutan utama. Artinya, hasil penghitungan suara yang dilakukan oleh KPU tetap merupakan keputusan mutlak.

"Penghitungan suara oleh tim desk pilkada bukan menjadi imamnya, hanya sebagai pembanding. Tetap KPU yang berhak memutuskan berdasarkan penghitungan suara oleh KPU sendiri," imbuh Lingga.

Meski begitu, Lingga menegaskan bahwa akurasi data yang berhasil dihimpun bisa untuk dipertanggungjawabkan. "Tim desk pilkada berhasil menyelesaikan penghitungan suara pada, Rabu (9/12), sekitar Pukul 22.00 WIB," sebutnya.

"Kami berpesan kepada seluruh masyarakat, untuk tidak menyalahgunakan atau mempolitisir suatu informasi yang belum bisa dipastikan kebenarannya," pungkasnya.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun dari tim desk pilkada, hasil perolehan suara dari tiga pasangan calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati yaitu Paslon Nomor Urut 1, Pieter-Fakhrurrazi memperoleh 12.492 suara atau sekitar 13,89?, Paslon Nomor Urut 2, Aria Lukita Budiwan-Erlina, memperoleh 35.355 suara atau sekitar 39,32 ?, Paslon Nomor Urut 3, Agus Istiqlal-A. Zulqoini Syarif, memperoleh 41.264 suara atau sekitar 45,90 ?.

Sedangkan suara tidak sah mencapai 797 atau sekitar 0,89 %. (yung)

Tags