Terima Kunjungan PWI Lampung, Uncle Sam Agendakan Hadir ke Porwanas

DL/Bandarlampung/Politik/2504204

Penjabat (Pj) Gubernur Lampung, Samsudin, mengajak Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung untuk berperan aktif dalam Pilkada 2024 dengan sikap yang menyejukkan. Ajakan ini disampaikan Samsudin saat menerima audiensi Pengurus PWI Lampung di ruang kerjanya, Kamis (25/07/2024).

Dalam audiensi yang dipimpin langsung oleh Ketua PWI Lampung, Wira, turut hadir sejumlah pengurus lainnya, di antaranya Sekretaris Andi S. Panjaitan, Wakil Ketua Bidang Organisasi Eka Setiawan, Wakil Ketua Bidang Aset Elkana Rio Adil, Wakil Ketua Bidang Kerjasama Segan PS, Wakil Sekretaris Ariyadi Ahmad, dan Wakil Bendahara Nurjannah. Turut mendampingi audiensi ini Kadispora Descatama Paksi Moeda dan Kadis Kominfo Ahmad Syaefullah.

"Jadilah keran air yang menyejukkan. Jangan jadi kompor," ujar Samsudin,  yang dikalangan koleganya dipanggil Uncle Sam mengibaratkan peran pers sebagai penyejuk di tengah suasana politik yang kerap memanas menjelang pemilihan. "Insan pers, lanjutnya, perannya sangat luar biasa," tambahnya dengan penuh keyakinan.

Samsudin menekankan pentingnya peran media dalam menjaga stabilitas dan kondusivitas selama proses pemilihan berlangsung. 

Ia berharap PWI Lampung dapat menjadi pilar yang kokoh dalam menjaga kesejukan dan ketertiban selama Pilkada 2024. "Media harus bisa menjadi penyejuk, bukan justru memanaskan situasi. Kita butuh suasana yang kondusif agar Pilkada 2024 dapat berjalan lancar dan damai," tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wira juga menyampaikan beberapa hal terkait persiapan Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Agustus mendatang, termasuk kebutuhan anggaran yang sudah diplot di Dispora. 

Selain itu, Wira juga menyampaikan agenda Sekolah Jurnalistik Indonesia (SJI) dan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang akan digelar 30 Juli-5 Agustus 2024.

Ketua PWI Lampung, Wira, menyambut baik ajakan Samsudin. Wira menyatakan komitmennya untuk terus menjaga profesionalisme dan netralitas dalam menjalankan tugas jurnalistik. "Kami di PWI Lampung siap berkolaborasi dengan semua pihak demi terciptanya suasana yang kondusif selama Pilkada," ujarnya.

Selain itu, Wira juga mengungkapkan bahwa PWI Lampung akan mengadakan serangkaian pelatihan dan workshop untuk para anggotanya guna meningkatkan kualitas pemberitaan dan menjaga integritas jurnalis. "Kita akan fokus pada peningkatan kapasitas wartawan, sehingga mereka dapat menyampaikan berita secara objektif dan tidak memihak," kata Wira.

Agendakan Hadir di Porwanas

Samsudin juga memberikan dukungan penuh terhadap kegiatan PWI Lampung, termasuk menyatakan niatnya untuk hadir di gelaran Porwanas di Kalimantan Selatan. "Kerjasama yang baik antara pemerintah dan media sangat penting. Kita harus bersama-sama menjaga Lampung tetap damai dan kondusif," tuturnya.

Dengan ajakan ini, Samsudin berharap agar seluruh elemen masyarakat, termasuk media, dapat bersatu padu dalam menjaga stabilitas daerah, menjelang, selama, dan setelah Pilkada 2024. 

"Ini adalah tugas kita bersama. Mari kita tunjukkan bahwa Lampung bisa menjadi contoh bagi daerah lain dalam menyelenggarakan pemilihan yang aman, tertib, dan damai," pungkasnya. (*)