Kadispora Provinsi Lampung Buka Festival Drum Band Fybi Piala Danrem 043/Gatam

Mediasenior/Bandarlampung/Sport/11112023

----- Kepala Dinas Pemuda Dan Olahraga Provinsi Lampung, Descatama Paksi Moeda membuka festival drum band FYBI Lampung yang memperebutkan piala Komandan korem 043/Garuda Hitam di GOR Sumpah Pemuda Way Halim Bandar Lampung.

Tidak kurang dari 17 tim drumband dari SD, SMP dan SMA ambil bagian dalam acara ini.

Festival drumband khusus untuk pelajar yang digelar oleh Federasi Youth Band Indonesia (FYBI) Kota Bandarlampung resmi dimulai yang akan memperlombakan lima nomor mata lomba.

Dalam sambutannya Descatama mengatakan bahwa dalam lomba drumband ini hendaknya dapat meningkatkan mutu, prestasi dan kemampuan khususnya marching band di provinsi Lampung.

“Drumband memberikan pengaruh positif pada anak, karena pembudayaan karakter dan sikap mental generasi muda yang berbudaya dan cerdas,” kata Desca.

Festival yang memperebutkan piala Komandan Korem 043 Garuda Hitam ini, juga merupakan kesempatan baik bagi para peserta menunjukkan kebolehan dan karakternya kepada seluruh peserta lainnya, sebagai bentuk jati diri masing-masing.

Sementara itu, ketua FYBI pusat, Brigjen TNI Iwan Ma’ruf Zainuddin, yang diwakilkan kepada pengurus FYBI pusat, dalam sambutannya menyambut baik festival ini yang setidaknya untuk memberikan sosialisasi kepada generasi muda mengenal apa yang dinamakan drumband.

“Drumband sebagai cabang olahraga beregu yang memiliki karakter khusus sebagai satu kesatuan yang harus selalu padu,” katanya.

Iwan berharap dari ajang ini akan tumbuh bakat-bakat luar biasa dari drumband Lampung yang sampai saat ini memiliki prestasi yang baik secara nasional.

Dalam kesempatan itu juga hadir ketua Komite Olahraga masyarakat Indonesia (KORMI) Lampung, Anshori Djausal yang mensosialisasikan keberadaan KORMI sebagai wadah penghimpun berbagai induk organisasi olahraga, yang terus berada di tengah masyarakat.

Sosialisasi keberadaan KORMI Lampung menjadi hal penting karena dalam rangka mengedukasi masyarakat menjadi sehat dan bugar. “KORMI sebagai wadah penghimpun induk organisasi olahraga (Inorga) terus memacu masyarakat gemar olahraga, sehingga pada gilirannya masyarakat Indonesia akan bugar,” katanya.

Sebagai penanda dibukanya festival itu dengan memukul drumband oleh para pejabat yang hadir dan kemudian diteruskan penampilan grup dari Gita Praja Saburai sebagai pembuka. (don)