Ditengah Kepungan Tim Elit, Golf Lampung Loloskan Tiga Atlet ke PON XXI

DL/Bandarlampung/Sport/12082023

---- Cabang olahraga Golf Lampung kembali menempatkan para pegolfnya pada persaingan golf di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 di Aceh-Sumut, setelah pada PON sebelumnya absen.

Pengprov Persatuan Golf Indonesia (PGI) Lampung mencatatkan tiga nama yang lolos melalui Pra PON yang berlangsung di Jakarta akhir Juli lalu.

Di final round, tim Putri atas nama Alya Joelyati Putri Waloejo membuat kejutan dengan bermain +1 dari par atau score 73 dan akhirnya menduduki peringkat 19 nasional dan dinyatakan lolos ke PON Aceh-Sumut 2024.

Ini diungkapkan ketua Harian PGI Lampung, Suwarno kepada mediasenior.id Jumat malam 11 Agustus 2023 melalui selulernya.

Selain satu pegolf putri tersebut, Lampung juga meloloskan Axel Lavega Emeralda yang finish di posisi 19 dan Hermanto pada posisi 33 dan masuk dalam lingkaran atlet yang lolos PON.

“Memang kami lolos dengan perjuangan yang berat, karena menghadapi tim-tim yang luar biasa punya jam terbang tinggi dan langganan juara di beberapa iven Golf di Indonesia belakangan ini seperti para atlet dari DKI, Jabar, Jatim dan Jateng.” Kata Warno.

Namun dia bersyukur masih bisa meraih tiga tiket ke PON tersebut. “Alhamdulillah bersyukur kehadirat Allah swt kami meloloskan 2 putra dan 1 putri. Insha Allah bisa bersaing merebut medali di PON untuk nomor perorangan putra dan putri serta Foursome mix (putri-putri),” tambahnya.

Sementara itu terpisah, Ketua Pengprov PGI Lampung, Rahmat Mirzani Djausal mengatakan bahwa lolosnya tiga atlet Lampung kali ini merupakan kesempatan besar untuk menunjukkan prestasi selanjutnya di PON XXI 2024.

“Kedepan tentunya kita mempersiapkan atlet kita sejak awal, mengingat persaingann di PON lebih kompetitif dan ketat. Pada Pra PON kemaren teman-teman kita sudah menganalisa kekurangan atlet kita dan menitik beratkan dalam memperbaiki kekurangan atlet, sehingga bisa maksimal di PON mendatang,” kata Mirza.

Lampung memang memiliki lapangan golf yang sudah cukup baik namun belum standar nasional untuk menyiapkan atlet-atlet dalam rangka menyiapkan kemampuan menghadapi pertarungan yang sesungguhnya di PON 2024 nanti.

“Rencananya kami akan melakukan beberapa try-out yang efektif, agar penampilan teman-teman jauh meningkat. Memang perlu kesabaran dan semangat yang tinggi. Kerja keras intinya,” tambah Mirza.

Di Pra PON kali ini Lampung mengirimkan 7 atlet yang terdiri dari 4 putra dan 3 putri. Di bagian putra ada Axel Lavega Emeralda, Hermanto, Bima Arya Pratama dan Wahid Ardiansyah, sementara dibagian putri Alya Joelyati Putri Waloejo, Nadya Fitri Maharani, dan Reishafa Armelia Armando. (don)