Rakerprov KONI Lampung tetapkan Tubaba dan Tuba Tuan Rumah Porprov Lampung ke-X

DL/BandarLampung/sport/21072023

----- Rapat Kerja Provinsi (Rakerprov) KONI Provinsi Lampung yang berlangsung di di Ballroom Emersia Hotel  Bandarlampung Kamis 20 Juli 2023 memutuskan bahwa tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Lampung ke-X tahun 2026 akan dilaksanakan di dua kabapten yakni Tulangbawang Barat dan Tulangbawang.

Keputusan ini salah satunya menguatkan proposal dari kabupaten Tulangbawang Barat yang pada Porprov 2022 lalu mengajukan diri sebagai tuan rumah unmtuk Porprov berikutnya.

Amar keputusan disampaikan pada sidang pleno kedua Rakerprov KONI Lampung yang dipimpin Irham Djafar Lan Putra, setelah sebelumnya meminta persetujuan dari seluruh peserta Rakerprov yang secara menyeluruh mengamini dengan kata “setuju”.

Untuk itu, kata Irham, kedua KONI kabupaten tersebut diharapkan segera menyiapkan segala sesuatunya dalam rangka persiapan fisik dan non fisik.

Sebelumnya dalam rekomendasi komisi B pada Rakerprov ini salah satunya juga mengusulkan bahwa KONI Provinsi agar memberikan kejelasan mengenai pagu anggaran yang akan diperbantukan untuk calon tuan rumah Porprov, agar menjadi patokan penganggaran bagi intern kedua daerah pelaksana Porprov itu.

Porprov yang merupakan domainnya Pemerintah Provinsi, yang dalam hal ini adalah KONI Provinsi harus memberikan kepastian tentang anggaran tersebut untuk dasar pengajuan anggaran para calon tuan rumah dari kabupaten dan kota.

“Ketidak pastian anggaran yang diberikan oleh KONI Provinsi Lampung inilah sebenarnya penyebab dua kali gagalnya dua kabupaten kota yang akan menjadi tuan rumah sebelumnya. Jadi mohon rekomendasi ini juga menjadi perhatian khusus KONI Provinsi,” kata juru bicara Komisi B, Riagus Ria.

Sementara Ketua KONI Tulang Bawang Barat, Kodari, menyampaikan keinginannya agar surat penunjukan dan penetapan sebagai tuan rumah agar disegerakan untuk disampaikan kepada Bupati atau pimpinan daerahnya.

“Mohon surat penetapan sebagai tuan rumah untuk kami segera dibuatkan agar persiapan daerah kami bisa segera dirancang bersama pemerintah kabupaten,” kata Kodari.

Sedangkan perwakilan dari KONI Tulangbawang, menyatakan menerima dan setuju dengan penunjukan sebagai tuan rumah Porprov bersama “saudara mudanya”, kabupaten Tulang bawang Barat. (tim)