POBSI Seleksi Atlet Untuk Pra PON, Hari Pertama Agil Lolos

DL/Bandarlampung/sport/01072023

----- Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Lampung bertekad akan membuat kejutan dalam prakualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) cabang olahraga Biliar yang dijadwalkan berlangsung pada bula Oktober tahun ini.

Ini disampaikan Harry Bangsawan, sekum Pengprov POBSI Lampung kepada mediasenior.id disela seleksi pebiliar yang akan diklirim ke Pra PON tersebut, di City Biliar Telukbetung, Sabtu 1 Juli 2023.

Pra PON kali ini sangat berbeda perlakuan dan peluangnya memang dibanding pra PON sebelumnya, dimana Biliar masuk di Porwil. “Kalau dulu persaingan hanya se Sumatera pada babak kualifikasinya. Dan kalau sekarang kan Pra PON, sehingga kemungkinan mendapatkan lawan yang jauh lebih berat tetap ada. Namun semua harus punya visi yang sama, untuk lolos dari pra PON itu,” katanya.

Menurut Harry, Pra PON kali ini akan mempertandingkan dua divisi yakni Divisi A untuk Bola 8 dan 9 baik putra maupun putri, single dan double. Kemudian divisi B ada Bola 10 dan bola 15, putra-putri dan single-double. Lampung memiliki dua pebiliar yang sudah masuk seeded panitia pra PON, yakni Agung dan Wiliam.

“Kami memang sudah memiliki dua pebiliar seeded yakni Agung dan Wiliam yang sudah ada di Jakarta. Dan sekarang ini kami melakukan seleksi ketat dengan memanggil para pebiliar yang berdasarkan kualitas sudah kami pantau sebelumnya, dalam dua hari ini kami lakukan pertandingan untuk mengambil dua nama untuk melengkapi tim kami di pool,” katanya.


Agil Lolos

Hari pertama ini bertanding enam pebiliar yang akan bertanding dengan sistem gugur race to 9 di sini diambil satu nama otomatis lolos, kemudian hari kedua kembali akan mempertandingkan lima nama yang masih tersisa untuk mendapatkan satu nama lagi.

Hari ini, dua orang yang mencapai final adalah Doni dari Tulangbawang melawan Agil Gigi Hartando – dari Pesawaran. Final berjalan cukup ketat dan akhirnya Agil memenangi satu tiket ke Pra PON dengan skor 9-6.

Hari kedua esok hari di tempat yang sama, akan dipertandingkan lima pebiliar yang masih berpeluang masing-masing: Wawan – Tanggamus, Rahmat - Lampung Tengah, Mulyansah – Bandarlampung, Aidi – Tulangbawang dan Doni – Tulangbawang.

“Kelima pebiliar ini akan kembali bertarung untuk merebut satu nama yang akan lolos menemani Agil, Agung dan Wiliam nantinya. Namun satu keuntungan bagi Doni, dia sudah mendapatkan posisi bye karena hari ini sebagai finalis. Sistem seleksi ini kami buat ketat agar atlet teruji kemampuan secara fisik dan mentalnya,” tutur Harry.

Kirim Putra Saja

Sementara itu Ketua Pengprov POBSI Lampung, Nazwar Basyuni menegaskan bahwa Lampung hanya mengirimkan pebiliar putra saja dan kemungkinan besar hanya akan mengirimkan 4 pebiliar di Pool yaitu Agung dan Willy pada divisi A, ditambah dua nama hasil seleksi dua hari ini. Kemudian 2 pebiliar pada nomor Carom atau bola tiga.

"Seleksi kali ini hanya diikuti oleh putra saja. Dari 9 atlet yang kami panggil, hadir 6 atlet yang diseleksi untuk diambil dua nama yang akan mewakili Lampung di babak kualifikasi Agustus nanti," kata Nazwar.

Nazwar tetap optimis dengan waktu yang sangat terbatas ini, dan akan melakukan program TC penuh pada bulan ini. "Waktu kami kurang lebih 1 setengah bulan, untuk melakukan persiapan. Untuk itu, setelah seleksi selesai dan atletnya sudah ditetapkan. Akan kami TC kan disisa waktu yang ada sebelum bertanding di Pra PON nanti," lanjutnya.

PON kali ini, lanjut Nazwar, kuota untuk atlet biliar ditetapkan 110 orang dari seluruh provinsi di Indonesia dengan mempertandingkan 22 nomor baik perorangan maupun beregu.

"Hasil Rakernas POBSI beberapa waktu lalu. Menetapkan kuota atlet 110 dengan 22 nomor pertandingan. Tentunya jumlah tersebut cukup banyak dan peluang kita juga cukup besar untuk lolos ke Aceh-Sumut," katanya.

Hasil lengkap seleksi hari ini:

Babak Penyisihan:

Doni - bye

Wawan (9) vs Rahmat (5)

Agil (9) vs Mulyansyah (8)

Aidi - bye

Babak Semifinal:

Doni (9) vs Wawan (5)

Agil (9) vs Aidi (6)

Babak Final:

Doni (6) vs Agil (9).

(tim)