Pergatsi Lampung Loloskan Satu Atlet Tunggal Putra ke PON XXI Aceh-Sumut

Banten/Sport/24062023

---- Persatuan Gateball Seluruh Indonesia (Pergatsi) provinsi Lampung harus puas hanya meloloskan satu Gateballer ke PON XXI di Aceh-Sumut 2024, setelah dalam kepastian akhir prakualifikasi Pekan Olahraga Nasional (Pra PON) di Banten, tunggal putra Lampung, Reza menempati empat besar di nomor tersebut.

Pra PON Gateball diselenggarakan di lapangan Sinarmas Land BSD - Tangerang - Banten 21 - 25 juni 2023 diikuti 29 Provinsi, namun Lampung tidak mungkin menambah lagi atletnya karena sudah seluruh nomor dimainkan, hanya Reza yang masuk dalam lingkaran kelolosan PON.

Gateball memang baru pertama kalinya dipertandingkan dalam pesta olahraga empat tahunan Indonesia ini dimulai di PON XXI Aceh - Sumut Tahun 2024 nanti.

Reza, pada fase penyisihan menduduki runner-up grup dan melaju ke babak 16 besar menghadapi Jawa Tengah. Di sini Lampung menang 13-7.  Dan Reza pun melaju ke babak perempat final yang merupakan perebutkan tiket PON XXI dan menghadapi Sulawesi Selatan. Reza kembali memenangkan dengan skor tipis, 13-11, dan maju ke semifinal.


Sementara Reza masih memiliki peluang merebut medali emas, perak atau perunggu, karena partai semifinal akan dilakukan Minggui, 25 Juni 2023.

Sebelumnya Lampung masih berharap masih bisa menambah satu Gateballer putri, yakni nomor tunggal putri atas nama Ika Yulistira. Namun Ika hanya mencapai posisi 8 besar, padahal PP Pergatsi hanya mensyaratkan 6 personil saja yang lolos ke PON Aceh-Sumut 2024. Sedangkan nomor lainnya Lampung tertahan dibabak 16 besar.

Sekretaris Pengprov Pergatsi Lampung, Faiz, membenarkan tentang kabar pasti lolosnya atlet Gateball Lampung ini dan berharap Reza bisa finish di final, Minggu.

Diketahui bahwa Pergatsi Lampung mengirimkan  20 atlet untuk mengikuti 7 Kategori antara lain: Single Putra (Reza), Single Putri (Ika Yulistira), Double Putra (Jaja, Rizki), Double Campuran (Uyung, Anna), Triple Putra (Wawan, Duway, Doni, Zaqi), Triple Campuran (Cecep, Yudhi, Latifah, Dwi marta), Beregu Campuran (Budhi, Aden Romie, Yuga, Endah, Riana Neena, Jumiati) .

Menurut ketua harian PB Pergatsi, Khalawi Abdul Hamid, Pra PON kali ini diikuti oleh 684 gateballer dari 29 Provinsi dari 8 nomor yang dipertandingkan.

“Kami sangat optimis Pergatsi terus berkembang, dan kali ini ada kesempatan yang luas untuk seluruh provinsi bersaing, karena semua atlet pasti baru. Dari setiap nomor yang akan lolos ke PON ada 6 saja.” Katanya.

Beberapa provinsi besar pun mengikuti dengan serius Pra PON ini, seperti dari DKI Jakarta dan Jawa Barat juga mempersiapkan atlet di cabang olahraga Gateball perorangan yang potensial ini. (Rom)