M. Nasir Optimis Sepakbola Lampung Lolos ke PON XXI Sumut-Aceh

DL/Bandarlampung/Sport/26052023

--- Pelatih sepakbola asal Bengkulu, M Nasir menegaskan keyakinannya bahwa sepakbola Lampung kali ini akan mampu lolos dari persaingan prakualifikasi Pekan olahraga Nasional (Pra PON). Ini disampaikan M Nasir kepada mediasenior.id di Bandarlampung, Jumat 26 Mei 2023 di Bandarlampung.

M Nasir didaulat menangani tim sepak bola pra PON Lampung sejak dari seleksi pemain hingga pertandingan akhir nanti di bulan Oktober 2023 di Riau.

Dalam rangkaian seleksi yang menggunakan sistem zona, tim kepelatihan dikomandani M Nasir telah memiliki 32 nama pemain kelahiran 2003 sampai 2006 yang siap diikutkan dalam tahap berikutnya yakni training center (TC).

Sebenarnya tim hanya memerlukan 20-22 pemain untuk didaftarkan ke Panitia Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera bidang olahraga sepakbola. Namun saat ini masih ada 32 pemain yang terdiri 23 pemain yang masuk kategori terpilih, dan 9 pemain sebagai status magang di tim.

Nasir sangat optimistis, karena kali ini mendapatkan bahan dan materi pemain yang benar-benar dia cari. “Dari skill sudah banyak yang lumayan punya teori benar. Tinggal bagaimana kita mengarahkan dan memberikan materi latihan untuk menjalin kebersamaan satu tim. Karena bermain untuk tim, bukan individu. Kemampuan individu penting, tetapi harus berkontribusi untuk kepentingan tim,” tambahnya.


Latihan Keras

Nasir berjanji untuk membentuk tim ini seperti yang sudah dipaparkan pada saat presentasi di hadapan para pengurus Asprov PSSI Lampung. “Titik beratnya membuat pemain disiplin tinggi. Itu dulu,” katanya.

Kali ini Nasir diberikan kewenangan untuk memilih pemain sendiri, dan dibebaskan dari intervensi pengurus PSSI, Klub maupun pelatih-pelatih klub di Lampung.

Oleh karena tugasnya sangat berat, maka Nasir berpesan kepada seluruh calon pemain inti agar berjuang menentukan nasibnya sendiri tanpa pengaruh dari siapapun.

“Insha Allah, saya siap untuk bertugas dengan target yang berat itu. Namun ini menjadi target ringan apabila semua elemen sepakbola Lampung mendukung sepenuhnya. Minimal dengan do’a lah. Tapi yang jelas keseriusan saya akan dimulai dari latihan hari pertama sampai akhir program dan pertandingan pertandingan ujicoba,” ungkap Nasir.

Latihan akan dilakukan setelah diadakan launching tim pada 2 Juni 2023 selama sisa waktu yang ada akan dimanfaatkan untuk pembentukan tim yang berkualitas dan pantas untuk lolos ke PON.

Jadwal latihan dilakukan Senin sampai Kamis di stadion Sumpah Pemuda, kemudian untuk jadwal latihan sore pada Kamis sampai Sabtu di beberapa lapangan di luar PKOR Way Halim.

“Memang kami agak kesulitan lapangan yang setara dengan PKOR Way Halim, jadi harus memilih beberapa lapangan yang dianggap standar lah. Kemungkinan di Kotabumi, itu ada lapangan yang bagus.

Ujicoba Dengan Klub Liga 2

Tim Pra PON Lampung juga secara kalender sudah dijadwalkan dengan berbagai pertandingan ujicoba dengan tim Pra PON DKI Jakarta, Pra PON Jabar dan Banten.

“Sudah kami jajaki pula dengan beberapa klub divisi II Liga Indonesia. Dan ini melihat situasinya nanti. Karena ini sangat perlu untuk mentalitas bertanding dan stamina. Dengan materi saat ini saya sangat optimis kok. Target dan harapan lolos ke PON bukan hanya angan-angan, tetapi bisa kita wujudkan.” Terang Nasir.

Melihat kekuatan Sumatera saat ini, dimana dua tim sudah otomatis lolos, yakni Sumut dan Aceh. Maka Nasir masih memandang beberapa tim masih tergolong kuat yakni Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau yang menjadi pesaingnya nanti.

“Selain tim ini punya materi pemain yang bagus. Saya juga perlu pemain yang cerdas di lapangan. Karena ini sangat penting dalam sebuah tim. Selain itu juga ada beberapa yang posturnya sangat bagus dan menunjang untuk di posisi dia. Tetapi rata-rata yaa memang masih biasa. Dan yang penting tim ini bisa menjadi sebuah kesatuan yang kokoh dari lini per lini,” ungkapnya.

Ini semua bisa mulai terlihat saat ujicoba dilakukan dengan tim-tim setara atau diatas tim Pra PON Lampung, bagaimana pemain bisa bermain secara kolektif dan tangguh baik bertahan maupun menyerang. (don/pri)