Timnas Bola Voli Putra Tambah Satu Emas SEA Games 2023

DL/Phnom Penh/Sport/08052023

----- Tim nasional Bola Voli putra Indonesia berhasil mempertahankan reputasinya dengan merebut medali Emas di SEA Games ke-32 Kamboja 2023, setelah di grand final melumat tim tuan rumah Kamboja 3-0 (25-21, 25-10, 25-15), Senin 8 Mei 2023 malam. Raihan medali emas ini mengulang pada SEA Games sebelumnya di Vietnam.

Bagi Kamboja yang harus puas meraih medali Perak, juga merupakan capaian prestasi yang baik, lantaran mampu masuk final, setelah menghadang tim kuat lainnya Thailand.

Ini kemenangan kedua Timnas Indonesia atas Kamboja, sebelumnya juga menang 3-0 di babak phase grup. Meskipun akhirnya kedua tim ini berhak masuk semifinal, berhadapan dengan grup B yang diwakili Thailand dan Vietnam di semifinal.

Indonesia kembali dengan sangat perkasa melangkahi Vietnam dengan skor 3-0 untuk menembus final. Dan secara mengejutkan, timnas Kamboja berhasil kembali ke babak final setelah memupus harapan timnas Thailand di semifinal dengan skor 3-2.

Dominasi para pemain Indonesia yang sangat mencolok dalam laga final ini tidak berkurang sama sekali meskipun menghadapi teror penonton Kamboja yang memenuhi gedung Indoor Stadium Olympic Complex, Phnom Penh.

Bintang lapangan pada pertandingan final yang disiarkan langsung TVRI Sport malam ini adalah Farhan. Farhan Halim, Outside Hitter  dari klub Jakarta STIN BIN ini banyak membuat poin lewat beberapa spike keras baik open spike maupun back attack.

Farhan juga menarik perhatian seluruh penonton yang melaku servis hingga 9 poin, dengan tiga diantaranya servis ace.

Secara keseluruhan Indonesia bermain sangat hebat dalam pertandingan ini, bahkan bisa dikatakan berada dua tingkat diatas Kamboja, yang meskipun didukung supporter satu GOR nanmun tidak mendongkrak penampilan mereka.

Dibawah pelatih kepala Jeff Jiang Jie asal Tiongkok, Timnas Indonesia saat ini sangat kuat dikawasan Asia Tenggara, dan malam ini berhasil membuat katrik medali emas.

Penampilan luar biasa juga ditunjukkan oleh setter Indonesia, Dio Zulfikri yang mampu mengendalikan permainan dan melayani rekan-rekannya dengan sangat akurat dan nyaman. Sehingga Rivan, Fahri, dan Hernada sangat leluasa melakukan serangan dari berbagai posisi, dan sulit diantisipasi pemain dari Kamboja.

Kini tinggal menunggu bagaimana hasil yang akan diperoleh timnas bola voli putri Indonesia yang masih berjuang, meskipun di bagian putri yang diunggulkan adalah Thailand yang sudah banyak mengikuti kompetisi bola voli putri dunia.
Ini daftar Pemain timnas bola voli Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja:

1. Dio Zulfikri (Setter - DKI Jakarta - Jakarta LavAni Allo Bank)

2. Muhammad Malizi (Middle Blocker - DKI Jakarta - Jakarta LavAni Allo Bank)

3. Fahri Septian Putratama (Outside Hitter - DI Yogyakarta - Jakarta LavAni Allo Bank)

4. Boy Arnez (Outside Hitter - Jawa Barat - Jakarta LavAni Allo Bank)

5. Hendra Kurniawan (Middle Blocker - Jawa Barat - Jakarta LavAni Allo Bank)

6. Farhan Halim (Outside Hitter - Jawa Barat - Jakarta STIN BIN)

7. Doni Haryono (Outside Hitter - Jawa Tengah - VC Nagano Tridents)

8. Nizar Julfikar (Setter - Jawa Tengah - Jakarta Bhayangkara Presisi)

9. Henry Ade Novian (Libero - Jawa Timur - Jakarta Bhayangkara Presisi)

10. Fahreza Rakha Abhinaya (Libero - Jawa Timur - Jakarta Bhayangkara Presisi)

11. Hernanda Zulfi (Middle Blocker - Jawa Timur - Jakarta Bhayangkara Presisi)

12. Ruvan Nurmulki (Opposite - Jawa Timur - Surabaya BIN Samator)

13. Yudha Mardiansyah Putra (Middle Blocker - Jawa Timur - Jakarta Bhayangkara Presisi)

14. Agil Angga Anggara (Outside Hitter - Jawa Timur - Surabaya BIN Samator)

Daftar Ofisial Voli Putra Timnas Indonesia di SEA Games 202 Berikut adalah daftar ofisial Timnas Indonesia yang akan bermain di SEA Games 2023 di Kamboja: 1. Pelatih: Jiang Jie (Cina) 2. Asisten Pelatih: Erwin Rusni (Jawa Barat) 3. Asisten Pelatih: Jony Sugiyatno (Jawa Timur). (tim/tvrisport)