Petinju Muda Lampung Asal SMAN 9 Turun di Kejuaraan Dunia di Uzbekistan

DL/Bandarlampung/Sport/25042023

----- Petinju Lampung, M Riko Prayogi (18) akhirnya tercapai cita-citanya turun di kejuaraan kelas dunia dalam Kejuaraan Dunia Tinju IBA Elite Men's World Boxing Championship 2023 yang akan berlangsung di Uzbekistan.

Riko, yang saat ini sudah mulai mempersiapkan diri untuk berangkat ke Uzbekistan sedang meminta restu ketua umum PP Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina), Mayjen TNI (Purn) Komarudin Simanjuntak didampingi pelatihnya Piter S. Harry.

Dalam kesempatan itu Ketua PP Pertina sangat setuju memanggil para petinju muda Indonesia untuk mengikuti Kejuaraan Dunia. “Tentu ini untuk memberikan pengalaman yang amat berharga bagi anak-anak muda kita di kancah persaingan dunia. Perlu mendapatkan kesempatan yang lebih banyak, namun  harus disesuaikan dengan kemampuan,” kata Komaruddin.

Ini telah memberikan tambahan semangat kepada Riko dan Piter untuk menuju Uzbekistan untuk bertanding dengan para petinju kelas dunia.

Riko dipanggil mengikuti Kejuaraan Dunia Tinju IBA Elite Men's World Boxing Championship 2023 dari tanggal 30 April - 14 Mei 2023 di Humo Arena - Tashkent – Uzbekistan, ini karena prestasinya yang dinilia stabil oleh PP Pertina.

Petinju kelahiran Bandar Lampung, 11 Mei 2005 yang masih bersekolah di SMA N 9 Bandar Lampung itu akan turun di kelas Light Middle Weight 71 Kg Elite Men's. Seharus Riko akan berangkat dengan Jovan petinju Lampung lainnya. Namun karena Jovan memilih meneruskan proses test di Kepolisian RI, maka dia mengundurkan diri.

Menanggapi hal ini ketua Pertina Lampung, Heris Meyuzef menggambarkan kegembiraannya bahwa saat ini beberapa petinju Lampung sudah mulai muncul ke permukaan Indonesia.
“Dengan munculnya para petinjuu muda Lampung, memberikan banyak harapan dalam pembinaan tinju ke depan khususnya di Lampung. Sebelum ini, petinju putri Lampung, Nabila Maharani sebenarnya juga sudha ditunjuk untuk mewakili Indonesia ke SEA Games di Kamboja, namun sayang kelasnya tidak dipertandingkan, jadi batal berangkat,” kata Heris.

Namun, tambah dia, dengan keberangkatan Riko ke Kejuaraan Dunia ini memberikan kebanggaan tersendiri pada dunia tinju di Lampung.

“Ya pasti senang dan bangga, punya petinju yang bisa melangkahkan kakinya ke pertandingan dunia. Soal hasil itu nanti akan dilihat selanjutnya. Untuk itu mohon doanya agar Riko bisa memberikan hasil terbaik untuk Indonesia,” tambahnya.

Riko selama ini berlatih di Sasana A23BC Fight Club Lampung yang ditangani langsung pelatih tinju Lampung, Piter S. Harry secara intensif. “Kami berharap bisa meraih hasil terbaik, karena Riko saat ini diampingi langsung coach Piter,” ungkap Heris.

Dalam usianya yang masih sangat muda, diharapkan kejuaraan tingkat dunia seperti ini menambahkan kematangan bagi Riko dalam segi mental maupun teknik, sehingga mampu meloloskan diri dalam pra PON dan berprestasi pula di PON XXI 2024 Sumut-Aceh.

Sebelumnya Nabila yang  berhasil meraih medali perak di PON XX 2021 di Jayapura, Papua, lalu bulan Mei 2022, Nabila menjajal panggung Kejuaraan Asia di Bangkok dan mampu merangsek ke semifinal dan meraih medali Perunggu. Sebuah kualitas yang terus meningkat, dan diharapkan mampu terus dipertahankan untuk meraih medali emas di PON XXI 2024 di Sumut-Aceh.

Prestasi yang diraih Riko selama ini:

1. Medali Emas Kelas 71 Kg Kejurnas Tinju Junior/Youth/Elite Medan 2022

2. Medali Emas Kelas 71 Kg Youth Pra Popnas Lampung Tahun 2022

3. Medali Emas Kelas 6p Kg Kejurnas Tinju Junior/Youth Medan 2019

4. Medali Emas Kelas 71 Kg Lampung Boxing Competition 2022

5.Medali Emas Kelas 71 Kg Porprov Lampung 2022

6. Medali Emas Kelas 67 Kg Kejurprov Tinju Lampung Tahun 2021

7. Medali Emas Kelas 60 Kg Kejurprov Tinju Pelajar Tahun 2019

8. Medali Emas Kelas 60 Kg Kejuaraan Se-Sumbagsel Lampung Selatan Tahun 2019.

(don)