Bandarlampung Juara Umum Porprov IX, Tubaba Mencalonkan Diri Tuan Rumah 2025

DL/Sport/Bandarlampung/13122022

---- Lebih dari sepekan digelar seluruh pertandingan dan perlombaan di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) ke IX Lampung tahun 2022 sampai di penghujung pesta, dimana closing ceremony menjadi pertanda selesainya even empat tahunan provinsi Lampung itu, Senin 13 Desember 2022.

Stadion Pahoman menjadi saksi bisu pembukaan dan penutupan pesta olahraga yang sudah lebi dari 27 tahun itu, dengan iongar bingarnya.

Sekda Prov Lampung, Fahrizal Darminto mewakili Gubernur Lampung menutup kegiatan itu didampingi Plt Kadipora, Ketum KONI Lampung dan Ketua Komisi V DPRD Lampung.

Fahrizal mengatakan bahwa Porprov sudah berjalan dengan baik dan lancar, meskipun ada beberapa insiden bisa diselesaikan dengan cara yang baik.  Diharapkan, kejadian yang tidak sportif jangan lagi terulang lagi di masa datang, karena Tindakan tidak sportif itu bukanlah sifat dari seorang atlet.

“Dalam satu pekan ini, banyak terjadi hal-hal yang baru dan diperlukan banyak evaluasi untuk perbaikan prestasi di masa datang. Selamat kepada seluruh pemenang, baik peraih medali emas, perak dan perunggu dalam porprov kali ini, semoga terus bisa ditingkatkan prestasinya untuk jenjang yang lebih tinggi. “ Katanya.

Gubernur dalam pesan yang dibacakan Fahrizal bahwa atlet juga harus melakukan evaluasi diri. “Saya pesankan kepada seluruh atlet, terutama yang belum berhasil meraih juara, hendaknya iven ini menjadi bahan perenungan dan mengambil hikmahnya untuk perbaikan prestasi yang akan datang.” Tambahnya.

Dalam Porprov kali ini, kontingen Kota Bandarlampung keluar sebagai juara umum dengan meraih perolehan medali terbanyak 195 Emas, 178 Perak dan 232 Perunggu. Kemudian Kota Metro berada di tempat kedua dengan 100 Emas, 114 Perak dan 170 Perunggu.

Ditempat ketiga Pesawaran dengan 96 emas, 78 perak dan 120 perunggu. Sementara Tanggamus menyodok ke urutan keempat dengan 74 emas, 57 perak dan 73 perunggu. Pringsewu di lima besar dengan 73 emas, 57 perak dan 123 perunggu.

Tubaba Siap Tuan Rumah

Sementara itu dalam pernyataan pers Senin siang menjelang acara penutupan, Ketua KONI Kabupaten Tulangbawang barat, Kodari menyatakan kesediaan dan mengajukan sebagai calon tuan rumah Porprov X tahun 2025 diselenggarakan di Tulangbawang Barat.

“Kami siap untuk menggelar Porprov di daerah kami pada tahun 2025 mendatang, dan ini sudah kami bicarakan dengan pemangku kebijakan Tubaba, dan tentunya akan melalui mekanisme yang ada dan ditetapkan oleh KONI Provinsi. Tetapi prinsip kami siap,” kata Kodari didepan awak media di Media Center KONI Provinsi Lampung.

Kesanggupan ini juga sudah langsung disampaikan ke KONI Provinsi Lampung yang kemudian diumumkan saat penutupan di stadion Pahoman.

Sebelum Tubaba, beberapa kabupaten juga berminat untuk menjadi tuan rumah, diantaranya Kabupaten Pesawaran. Namun dalam perjalanannya kemudian menarik diri.

Porprov IX tahun 2022 diikuti 33 cabang olahraga, ini bertambah 10 cabor dari sebelumnya, dimana tahun 2017 diikuti 22 cabang olahraga. Masih ada kemungkinan naik dan turunnya cabor peserta pada Porprov X tahun 2025, tergantung dari perkembangan yang sangat situasional. (tim)