Sambo Cabor Pertama Bagikan Medali, Balam Sementara Memimpin Klasemen

DL/SPORT/Bandarlampung/03122022

---- Pekan Olahraga provinsi (Porprov) Ke-IX Lampung yang akan dibuka resmi pada 5 Desember 2022, telah mendahului beberapa cabang olahraga (cabor) dipertandingkan.

Ini disebabkan ada beberapa faktor, seperti terbatasnya sarana dan prasarana untuk pertandingan sehingga beberapa cabang beberapa cabor harus bergantian melakukan pertandingan di satu venue, dan faktor lain panjangnya perjalanan kompetisi karena peserta yang cukup banyak.

Ada 4 cabang olahraga yang sudah mendahului digelar yakni Sepakbola di Stadion Sumpah pemuda Bandarlampung, Bolavoli Indoor di Gedung Sumpah Pemuda, Sambo di hall A PKOR Way Halim, dan Muaythai di Camp Muaythai PKOR Way Halim Bandarlampung.

Dari empat cabor itu, Sambo yang sudah menyelesaikan seluruh pertandingan di 28 kelas yang digelar selama dua hari, 2-3 Desember 2022.

Asril Isnur selaku Ketua Panitia Pelaksana Sambo mengatakan bahwa Sambo diikuti oleh atlet dari 10 kabupaten Kota se Lampung dengan jumlah npomor 28 kelas memperebutkan total 112 medali. “Ya secara cepat kami berusaha menyelesaikan seluruh pertandingannya dengan lancar. Namun tetap menjaga kualitas pertandingan. Karena Sambo in ikan olahraga baru, yang kami adopsi dari Rusia, dan masih perlu banyak penyesuaian pengetahuan.” Katanya.

Sambo juga sudah turut dalam eksibisi PON Papua 2021, dan Lampung berhasil meraih 3 medali Emas, 3 Perak dan 2 Perunggu.

Hingga berita ini diturunkan Sambo sudah menyelesaikan pertandingannya dan menjadi cabor pertama yang membagikan medalinya.

Sedangkan Muaythai akan menyelesaikan seluruh partai finalnya pada Minggu 4 Desember 2022. Seluruh babak penyisihan hingga final dirampungkan pada Sabtu, 3 Desember 2022.

Khairil “Charles” Anas, ketua umum Pengprov Muaythai Indonesia Lampung mengatakan bahwa cabor ini memang baru, dan memberikan kontribusi nyata pada PON Papua untuk Lampung dengan Raihan satu medali emas.

“Porprov ini kami akan melihat secara langsung perkembangan Muaythai di Lampung. Sebab dalam waktu dekat ada iven penting, yang memerlukan kesiapan atlet kami. Meski tidak banhyak namun sudah terlihatbada beberapa yang berbakat dan punya kans untuk mewakili Lampung,” katanya Sabtu 3 Desember 2022.

Charles menegaskan bahwa Muaythai dijadwalkan mempertandingkan 61 kelas, maksimal Minggu malam 4 Desember 2022, cabor ini akan menyelesaikan seluruh partai final. “Ya diusahakan hingga malam hari, final selesai semua,” katanya.

Berikut Sebagian perolehan medali yang sudah dapat dihimpun dari media center Humas KONI Lampung: