Opening Ceremony Porprov IX Lampung 3 Desember di PKOR Way Halim

DL/SPORT/Porprov/15112022

---- Pekan olahraga provinsi (Porprov) ke- IX Lampung dipastikan akan berlangsung bjulan Desember mendatang dengan mempertandingan 32 cabang olahraga yang sudah mendapatkan restu dengan Surat Keputusan Gubernur Lampung.

Tahapan sudah dilakukan secara intensif dengan beberapa stake holder diantaranya dengan pengurus KONI Kabupaten dan Kota serta pengurus provinsi cabang olahraga yang akan bertanding.

Pada Porprov ke-IX tahun 2022 ini pelaksanaan dijadwalkan pada 4 hingga 13 Desember 2022 dimana 32 cabang olahraga akan bertanding di seluruh venue yang tersebar di seantero Bandarlampung baik di arena outdoor maupun indoor.

Pembukaan atau Opening Ceremony akan dilaksanakan pada 3 Desember dengan mengambil lokasi di halaman parkir depan stadion Sumpah Pemuda Way Halim Kota Bandarlampung.

Semula acara ini akan dihelat pada 4 Desember malam. Namun kabar terbaru bahwa koordinasi Plt Kadispora dengan protokol Gubernur Lampung disepakati untuk memajukan jadwal ini sehari lebih cepat, karena agenda Gubernur yang ada tugas ke Jakarta.

“Ya kami mendapat kepastian ini setelah koordinasi dengan protokol Gubernur. Bahwa Bapak Gubernur ada tugas di Jakarta pada Minggu, 4 Desember jadi kami sepakat untuk menggelar opening ceremony pada Sabtu malam, 3 Desember di tempat yang sama,” kata Descatama Paksi Moeda, Plt Kadispora Lampung yang bertindak juga sebagai Ketua Pengarah Porprov kali ini, Selasa 14 November 2022 di kantor Dispora Lampung.

Untuk itu Desca berharap seluruh pihak yang terkait dengan upacara ini seintensif mungkin untuk melakukan koordinasi satu sama lain untuk suksesnya acara tersebut.

“Ini kerja kita bersama. Maka mari kita bekerja sama dengan baik, mulai dari event organizer sampai seluruh pihak yang terkait, baik KONI Kabupaten Kota, Pengurus Cabor dan tentunya KONI provinsi Lampung sebagai pelaksana teknis.

Sebelumnya sempat terjadi diskusi panjang tentang teknis defile kontingen dan akhirnya diambil kesimpulan untuk tetap membatasi peserta setiap kontingen maksimal 100 peserta mewakili defile dengan ketentuan yang sudah disepakati bersama.

“Ya ini jalan terbaik. Karena ada banyak pertimbangan kenapa kita membatasi dengan tetap menjaga marwah kemeriahan pembukaan Porprov ini. Semua pasti sudah paham dengan beberapa pertimbangan, seperti diselenggarakan pada malam hari, kemudian hal-hal lain yang tentunya harus dipertimbangkan risiko dan efektivitasnya.” Ujar Desca.

Jika benar, kata dia, seluruh kontingen mengirimkan 100 orang, maka ada 1.500 orang dari peserta saja yang akan berada di lokasi, belum lagi tim lainnya, mungkin bisa mencapai 2.000 an.

“Kami sudah menrancang sedemikian rupa acara ini dengan rundown yang sederhana namun memenuhi unsur pokok dari opening ceremony. Kemeriahan permainan lighting juga sudah diperhitungkan. Dengan menampilkan artis ibukota pada ujung acara juga akan membawa kemeriahan tersendiri.” Tambah Desca.

Obor Porprov dan Artis Ibukota

Dalam upacara ini yang menarik bahwa panitia akan menampilkan Kuda dari Pengprov Pordasi Lampung untuk menjadi petugas pembawa bendera yang berada di paling depan rombongan defile kontingen.

Selain itu setiap kontingen juga diberikan kebebasan untuk menampilkan kesenian daerah setempat dalam waktu yang ditentukan.

Pada puncaknya akan ada penyalaan obor Porprov setelah Gubernur Lampung menekan sirine pertanda dibukanya Porprov ke IX tahun 2022 provinsi Lampung.

Artis ibukota yang akan ditampilkan kali ini adalah the Virgin, yang akan mengisi panggung hiburan usai obor Porprov dinyalakan.

Sekum KONI Lampung, Subeno mengingatkan bahwa seluruh peserta defile kontingen harus disiplin waktu. “Kami harap mereka bisa datang ke PKOR pada pukul 17.00 wib. Kami sediakan kendaraan penjemputan berupa Bus untuk setiap kontingen dengan teknis yang sudah diatur sedemikian rupa agar semua berjalan lancar. Bus antar jemput. Teknis ini berlaku juga untuk acara penutupan pada 13 Desember mendatang.” Kata Subeno.

Dari 32 cabang olahraga yang dipertandingkan ada beberapa cabor yang sudah mulai bertanding sejak tanggal 1 Desember 2022, karena jumlah partainya banyak dan secara kompetisi memakan waktu yang Panjang, seperti Sepakbola, Bolavoli, Futsal, dan Bola Basket. (humas)