Usai Musorkablub, KONI Lamtim Diimbau Segera Daftarkan Cabor Porprov

Sport / Lampung Timur / 06092022

----- Kemelut kepengurasan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) kabupaten Lampung Timur sudah diakhiri dengan digelarnya Musyawarah Olahraga Kabupaten Luar Biasa (Musorkablub) yang diadakan di Aula Rumah Dinas Bupati Lampung Timur, Selasa 6 September 2022.

Dalam situasi yang cukup menghangat, tiga kandidat yang maju dalam pemilihan itu masing-masing mengklaim sudah mendapatkan dukungan dari mayoritas cabang olahraga di kabupaten Lampung Timur.

Tiga calon itu adalah Bambang Hartono, Djunaedi dan Ida Jaya. Ketiganya dianggap sudah memenuhi syarat  untuk pencalonan ketua KONI Kabupaten Lampung Timur.

Musorkablub yang diikuti oleh 28 cabang olahraga itu dilaksanakan sesuai dengan tata tertib yang disepakati semua pihak meskipun berjalan cukup alot dalam tahapan-tahapan penting.

Meski sempat ada ketegangan dalam proses pemilihannya, namun akhirnya dilakukan pemilihan secara tertutup. Namun sebelum pemilihan berlangsung, salah satu calon, Djunaedi, dinyatakan tidak memenuhi persyaratan dalam perebutan kursi ketua KONI tersebut.

Sehingga tinggal dua calon yang harus bertempur dalam pemilihan secara voting tertutup. Hingga hasil akhir dari jumlah suara atau cabang olahraga yang ada yakni 28 suara, Bambang Hartono memperoleh 16 suara, sementara Ida Jaya didukung 10 suara, sedangkan dua suara tidak sah.

Dengan demikian, Bambang Hartono dinyatakan terpilih menjadi Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lampung Timur periode 2022-2026 dalam Musorkablub ini. Keputusan itu akhirnya bisa diterima oleh semua pihak yang mengikuti kompetisi ini.

Segera Mendaftar Cabor  Porprov

Dengan berakhirnya rivalitas ini maka diharapkan KONI Lampung Timur segera menjalankan tugas sesuai tupoksinya yang salah satunya adalah mendaftarkan cabang olahraga sebagai peserta Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2022.

Dalam kesempatan itu Ketua Harian KONI Provinsi Lampung, Hanibal saat menutup Musorkablub mengatakan Ketua KONI Kabupaten Lampung Timur segera mendaftarkan cabang olahraga (Cabor) untuk mengikuti Porprov yang akan dilaksanakan pada 4-13 Desember 2022.

Ditambahkannya, dengan terpilihnya ketua KONI Lampung Timur, diharapkan tidak ada perpecahan. “Pembinaan harus lebih baik untuk kemajuan olahraga di Lampung Timur,” kata Hanibal.

Sementara itu sebelumnya Bupati Lampung Timur, M. Dawam Rahardjo saat membuka Musorkablub tersebut berharap bahwa KONI Kabupaten Lampung Timur, dapat menghimpun berbagai elemen pendukung, untuk mempersatukan olahraga.

Dikatakan M. Dawam Rahardjo, selama ini KONI Lampung Timur berpartisipasi dalam upaya peningkatan SDM dan kemajuan pembangunan khususnya bidang olahraga.

"Siapapun yang terpilih menjadi ketua KONI Kabupaten Lampung Timur nantinya, senantiasa dapat berperan dalam setiap langkah kebijakan, sekaligus mencarikan solusi terbaik, dengan memberikan kesempatan kepada setiap olahragawan yang berpotensi untuk maju, tanpa membedakan asal-usul, maupun latar belakang kondisi sosial ekonominya,” kata M. Dawam Rahardjo didampingi Kadis Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Ahmad Badrullah. (tim)