Lampung Sakti Dinyatakan Bubar dan Badak Lampung Masih Ikut Liga 3

SPORT/Bandarlampung/02082022

----- Klub Sepakbola Lampung Sakti yang pernah berlaga di Liga 2 Indonesia dan Liga 3 nasional resmi diberhentikan dan dicoret dari keanggotaan Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Lampung.

Keputusan ini diambil saat Kongres biasa tahunan PSSI Lampung di hotel Horison, Bandarlampung minggu 31 Juli 2022.

Hal ini diungkapkan Wakil Ketua Asprov PSSI Lampung Yoga Swara secara langsung dalam Kongres tersebut. "Dengan ini menyatakan memberhentikan keanggotaan klub Lampung Sakti. Ini dikarenakan klub tersebut setelah degradasi tidak ada komunikasi lagi dengan PSSI," kata Yoga.


Lampung Sakti, pertama kali hadir di Lampung pada 2017, usai membeli lisensi klub Persires Rengat Jawa Tengah. Klub tersebut dibeli oleh PT GGPC dan bermarkas di Stadion Sumpah Pemuda, Way Halim, Bandar Lampung.

Klub tersebut berlaga di Liga 2 dengan dikomandoi pelatih kepala Nova Arianto. Namun langkah Lampung Sakti di Liga 2 hanya bertahan satu musim aja. Klub tersebut lalu terdegradasi ke Liga 3. Di musim berikutnya tim ini bermain di kompetisi Liga 3 nasional tahun 2018.

Namun klub ini gagal promosi kembali ke Liga 2, dan akhirnya resmi terjun ke Liga 3 provinsi. Namun klub tersebut langsung menghilang. Apalagi muncul klub baru Badak Lampung FC yang berhasil mengakuisisi Perseru Serui dan berlaga di kompetisi teratas Liga 1.

Namun Badak Lampung FC juga Kembali terdegradasi. Usai terdegradasi pada Liga 2 tahun 2021, Klub Badak Lampung FC seakan menghilang dari kancah sepakbola di Provinsi Lampung. Klub kebanggaan masyarakat Lampung itu belum terdengar kabarnya.

Namun Badak Lampung FC ternyata masih akan berkompetisi kembali. Klub berjuluk laskar saburai itu akan berlaga di Liga 3 tahun 2022 tingkat Provinsi Lampung. Badak Lampung akan kembali memulai kiprahnya bersaing dari kompetisi di level provinsi.

"Setelah terdegradasi ke Liga 3, kami memberitahukan kepada seluruh anggota PSSI Lampung untuk memberikan kesempatan kepada Badak Lampung untuk membenahi struktur manajemen dan berlaga di Liga 3 tingkat Provinsi Lampung," ujar Wakil Ketua Asprov PSSI Lampung, Yoga Swara.

Dengan demikian, Badak Lampung FC dipastikan akan berlaga di Liga 3 Provinsi Lampung musim 2022. Badak Lampung hadir dalam kongres biasa tahunan 2022, dan segera mungkin akan mempersiapkan diri menyambut musim kompetisi. (van)