Yoga Swara Tegaskan Target PSSI Lampung Loloskan Tim Ke PON

DL/01082022/Bandarlampung

---- Wakil ketua Asosiasi Provinsi (Asprov) Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Lampung, Yoga Swara menegaskan bahwa dalam Kongres PSSI Lampung kali ini mengingatkan dan memberikan penegasan bahwa PSSI bersama seluruh insan sepakbola bertekad membangkitkan sepakbola Lampung kembali.

Ini ditegaskannya dalam sambutan awal kongres tersebut di hotel Horison bandarlampung, Minggu 31 Juli 2022.

Yoga mengatakan bahwa semua pekerjaan tidak bisa dilakukan PSSI sendirian, namun harus ada Kerjasama dengan berbagai instansi dan mitra kerja yang membantu secara bersama-sama.

“Tentu kami tidak bisa kerja sendiri. Oleh karena itu seluruh mitra PSSI dan masyarakat diharapkan bisa memberikan kontribusi untuk kemajuan sepakbola Lampung Kembali.” Katanya.

Program PSSI yang saat ini telah dirancang untuk kedepan termasuk kompetisi rutin juga ada Turnamen U45 Piala Gubernur Lampung, Pra PORPROV Piala Gubenur Lampung, Piala Soeratin U-13, U-15 dan U-17 serta Pertiwi Cup untuk sepakbola Wanita.

“Sejak kami dikukuhkan sebagai pengurus Asprov PSSI Lampung melai SKEP Ketua Umum PSSI No.74 tahun 2021 tertanggal 22 November 2021 kami telah melakukan beberapa hal dasar untuk membangkitkan sepakbola lampung, diantaranya Pelatihan Pelatih Tingkat Asia (C PSSI Diploma) dimana sebelumnya SDM Pelatih berlisensi C PSSI ada 15 di tahun 2018 dan sekarang menjadi 33 orang.” Tambahnya.

Selain itu untuk perangkat pertandingan ada dua wasit Lampung dipercayakan memimpin kompetisi Liga 2 yaitu Irul Hidayat dan Bangkit Sanjaya. Dalam fitnesstest bulan Juli 2022 kedua wasit tersebut di musim kompetisi PSSI 2022  telah lolos untuk memimpin sebagai wasit pada kompetisi liga 1.

Lalu dalam bidang Macth Commisioner (MC), Asprov Lampung untuk kali pertamanya mengirimkan Aprilia Dyah Suhestry bertugas di level pertandingan nasional yaitu pada Piala Pertiwi tingkat Nasional di Bandung.

“Pada kompetisi Liga 3 juga ada dua wasit kita bertugas sebagai wasit pada Liga 3 Tingkat Nasional yaitu Andri Bastian dan Tommy Indra Kesuma, serta dua orang bertugas sebagai Asisten Wasit yaitu Andrianto dan Ristito.” Ungkap Yoga.

Satu kebanggaan, lanjut Yoga, bahwa Lampung memiliki satu wakil di Timnas U-16 yang sedang berjuang di Piala AFF 2022, yakni Azzaky Esa Erlangga dari PPSP Punggur United Lampung Tengah.

Satu pemain putri Lampung yang juga membela Timnas AFF U-18 Women yaitu Aulia Mabruroh berasal Lampung Selatan.

Namun demikian, masih banyak yang harus dilakukan PSSI yang tetap berkomitmen untuk bisa meloloskan tim sepakbola Lampung ke PON XXI di Sumut-Aceh 2024.

“Kami masih menyeleksi empat personil pelatih untuk menangani tim Pra PON Lampung. Mereka ini prestasinya cukup baik dan diharapkan bisa mengangkat tim Lampung ke PON. Setelah Kongres ini akan segera diketahui siapa pilihan PSSI Lampung,” katanya.

Yoga menegaskan bahwa untuk pemilihan pemain pra PON juga nanti masih tergantung dari pilihan dan diskusi dengan pelatih yang terpilih, sesuai dengan kebutuhan tim. “Secara teknis kami tidak akan turut campur dalam tim. Intinya komitmen bagaimana upaya tim Lampung bisa lolos PON ,” tambahnya.

Dalam kongres kali ini ada 40-an klub dan 15 Askab / Askot PSSI yang turut serta, yang juga dihadiri penasehat PSSI Lampung Bustami Zainuddin, Plt Kadispora Provinsi Lampung, Ketua harian KONI Lampung, serta undangan dan peninjau lainnya. (tim)