Menang Adu Penalti, Liverpool Juara Piala FA

Detiklampung/14052022/Bandarlampung

---- Final piala FA yang sangat dramatis. Dua tim Tangguh liga Inggris, Chelsea dan Liverpool menjadi pengiisi panggung grand final piala FA 2021/22 di Wembley Stadium yang berlangsung Sabtu 14 Mei 2022, merupakan partai melelahkan dan menegangkan dari awal hingga akhir.

Pertandingan tingkat dunia yang luar bisa menampilkan permainan sepakbola menyerang ala Inggris yang sangat menghibur penonton seluruh dunia, yang juga disiarkan lewat stasiun televisi, di Indonesia oleh vidio.com.

Duel klasik the blues dan the reds tidak selesai 90 menit bahkan juga tidak tuntas dalam 120 menit. Laga dilanjutkan ke babak adu penalty hingga 12 penendang. Yang akhirnya the Reds menang dengan skor 6-5.

Kedua tim menunjukkan level permainan seimbang, meski tampak berhati-hati. Liverpool sempat menekan di awal laga, Chelsea perlahan-lahan bangkit dan menunjukkan level yang sama.

Partai final ini tidak berpihak kepada bintang Liverpool asal Mesir, Mohammed Sallah yang harus keluar lapangan karena cedera ditengah laga babak pertama dan digantikan oleh Jota.

Dalam open play, babak pertama Liverpool mempunyai dua peluang emas yang membentur mistar, sementara Chelsea mempunyai satu peluang yang juga membentur tiang gawang.

Ini menyebabkan kedua manajer memutar otak untuk strategi yang dilakukan dalam 120 menit, karena dalam  90 menit kedua tim tidak berhasil membuat gol. Bahkan pertandingan 2X15 menit pun tidak pula menghasilkan gol.

Babak yang sangat menentukan adalah adu tendangan penalty. Di babak ini pun tetap berlangsung sengit.  Meskipun Liverpool sudah berada diatas angin saat tendangan algojo Chelsea yang kedua Azpilicueta gagal karena diblok kiper Liverpool, Allison.

Sayangnya Sadio Mane yang bermain cemerlang sepanjang openplay 120 menit, gagal menuntaskan kloter pertama lima tendangan penalti.

Ini dia potret tendangan penalti kali ini:

Alonso gol! Chelsea 1-0 Liverpool
Milner gol! Chelsea 1-1 Liverpool
Azpilicueta gagal! Chelsea 1-1 Liverpool (diblock kiper Liverpool)
Thiago gol! Chelsea 1-2 Liverpool
Reece James gol! Chelsea 2-2 Liverpool
Firmino gol! Chelsea 2-3 Liverpool
Barkley gol! Chelsea 3-3 Liverpool
Trent gol! Chelsea 3-4 Liverpool
Jorginho gol! Chelsea 4-4 Liverpool
Mane gagal! Chelsea 4-4 Liverpool (ditangkap kiper Chelsea)
Ziyech gol! Chelsea 5-4 Liverpool
Jota gol! Chelsea 5-5 Liverpool
Mount gagal! Chelsea 5-5 Liverpool (diblock kiper Liverpool)
Kostas Tsimikas gol! Chelsea 5-6 Liverpool.

Liverpool menang dengan skor akhir 5-6.

Hasil tersebut menempatkan Liverpool menjadi juara Piala FA 2021/22 yang merupakan trofi kedua untuk pasukan Jurgen Klopp musim ini. 

Susunan pemain

CHELSEA (3-4-2-1): Edouard Mendy; Antonio Rudiger, Thiago Silva, Trevoh Chalobah (106' Cesar Azpilicueta); Reece James, Jorginho, Mateo Kovacic (66' N'Golo Kante), Marcos Alonso; Mason Mount, Christian Pulisic (106' Ruben Loftus-Cheek; 119' Ross Barkley); Romelu Lukaku (85' Hakim Ziyech).

LIVERPOOL (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Virgil van Dijk (91' Joel Matip), Ibrahima Konate, Andrew Robertson (111' Konstantinos Tsimikas); Jordan Henderson, Thiago, Naby Keita (74' James Milner); Mohamed Salah (33' Diogo Jota), Sadio Mane, Luis Diaz (98' Roberto Firmino). (Tim)

Tags