Dilanda Covid-19, Tidak Menyurutkan Parosil Membangun Infrastruktur di Lambar

DL/16042022/Lambar

---- Krisis kesehatan global itu memaksa pemerintah memangkas anggaran nyaris di seluruh sektor rencana pembangunan dan kemudian difokuskan untuk penanganan penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Tak terkecuali anggaran untuk meningkatkan infrastruktur.

Pemangkasan anggaran semasa pandemi tidak menyurutkan tekad Bupati Parosil Mabsus untuk terus mewujudkan program unggulannya dalam peningkatan infrastruktur mantap.

Bahkan, di tengah pandemi itu, Pemerintah Kabupaten Lampung Barat (Pemkab Lambar) di bawah kepemimpinan Parosil mampu merealisasikan pembangunan ruas jalan sepanjang 5,3 KM yang menghubungkan Pekon Sukabanjar - Pekon Tawan Sukamulya di Kecamatan Lumbok Seminung.

Seyogianya, ruas jalan aspal yang diresmikan itu mencapai 7,8 Km yang sisi kanan kirinya dilengkapi rabat beton.


Namun pembangunan di tahun 2021 hanya dapat terealisasi sepanjang 5,3 Km, dan sisanya dilanjutkan tahun ini.  Tersendatnya pembangunan ruas jalan tersebut lagi-lagi akibat dampak wabah covid-19.

Anggaran dana yang digunakan pembangunan ruas jalan sepanjang 5,3 Km itu mencapai angka Rp15,3 miliar. Sementara lanjutan pembangunan yang akan dilakukan tahun 2022 sepanjang 2,5 Km dengan anggaran dana mencapai Rp 8 miliar.

Bupati Parosil Mabsus menyebutkan, Pemkab Lambar di bawah kepemimpinannya yang saat ini telah memasuki tahun kelima, pembangunan ruas jalan yang dibangun itu merupakan ruas jalan terpanjang yang ada di Kabupaten Lampung Barat.

"Selama saya menjadi bupati empat tahun ini, jalan yang di bangun ini merupakan jalan terpanjang di Kabupaten Lampung Barat," sebutnya.

Parosil menuturkan bukan hal yang mudah untuk melakukan pembangunan di tengah wabah pandemi covid-19. Pasalnya dari segi anggaran terbagi dengan penanganan dan pencegahan wabah yang berasal dari Wuhan, China tersebut.

Namun dari hasil perjuangan dan kerja keras seluruh jajaran Pemkab Lampung Barat, pembangunan ruas jalan tersebut dapat terealisasikan.

"Nama ruas jalan ini Sukabanjar - Tawan Sukamulya, kita hadir nadanya sama-sama bersyukur. Membangun ruas jalan yang panjangnya 5,3 Km di situasi pandemi covid-19 bukan hal yang mudah, karena membutuhkan anggaran cukup besar," ungkapnya.

Parosil mengatakan fungsi jalan tersebut merupakan langkah untuk meningkatkan perekonomian masyarakat di Kabupaten Lampung Barat.

"Lumbok Seminung ini merupakan daerah wisata, banyak dikunjungi wisatawan. Semoga dengan dibangunnya jalan ini kunjungan wisatawan dapat meningkat, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.


"Apalagi di Kecamatan Lumbok Seminung ini ada objek wisata Danau Ranau yang dapat dikunjungi wisatawan," cetusnya.

Parosil meminta masyarakat dapat menjaga dan merawat jalan tersebut. "Manfaatkan sebaik-baiknya dan pelihara jalan penghubung Pekon Sukabanjar - Tawan Sukamulya ini," harapnya.

"Yang sulit itu menjaga dan merawat, jangan semua jalan ini diserahkan ke pemerintah saja tanpa partisipasi masyarakat," pungkasnya.

Peningkatan infrastruktur mantap, merupakan program poin pertama diantara pitu program yang digalakkan PM. Sehingga terlihat jelas, pembangunan di bidang infrastruktur menjadi salah satu fokus utama PM di masa kepemimpinannya.

Hal itu sejalan dengan visi PM yang berbunyi "mengembangkan wilayah melalui pembangunan infrastruktur secara berkeadilan, dengan memperhatikan aspek penyelenggaraan bencana dan berwawasan lingkungan".

Sementara, hasil pembangunan yang dilakukan PM tersebut menjadi kebahagiaan tersendiri bagi masyarakat, khususnya masyarakat Kecamatan Lumbok Seminung.

Hal itu diakui warga setempat, Hasnil Basar. Ia mengucapkan terimakasih kepada PM atas pembangunan jalan yang itu. 

Hasnil Basar menuturkan, bahwa ia siap mendukung seluruh program Pemkab Lampung Barat di bawah kepemimpinan PM.

Karena ia merasa program-program yang dicanangkan PM berdampak langsung terhadap kesejahteraan masyarakat.

"Kami selalu mendoakan bapak Bupati dan Wakil Bupati dapat melanjutkan kepemimpinannya di tahun 2024 mendatang, untuk melanjutkan roda pemerintahan dalam pembangunan di Kabupaten Lampung Barat ini," tutupnya. (ad/gun)

Tags