Aklamasi, Bupati Parosil Mabsus Nahkodai Koni Lambar

DL/22-02-2022/Lampung Barat

---- Parosil Mabsus terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Lampung Barat (Lambar) dalam Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) ke-V yang dipusatkan di Aula Kagungan Sekretariat Pemkab Lambar, Selasa 22 Februari 2022.

Musorkab yang dipimpin Iwan Setiawan dengan anggota Indrayani dan Musaddad, diikuti oleh seluruh peserta sidang dari unsur Pengurus Kabupaten Cabang Olahraga (Pengkab-Cabor), membacakan berita acara penetapan calon ketua KONI Lambar dengan Nomor : IST/TPP/KONI/II/2022, dengan salah satu poin menyatakan bahwa Bakal Calon Ketua Umum KONI Lambar Masa Bakti 2022-2026 atas nama Parosil Mabsus, telah memenuhi seluruh persyaratan administrasi  dan telah diverifikasi dinyatakan lengkap dan sah.

Selanjutnya, berdasarkan keputusan sidang dengan nomor 06/Musorkab/2022 menetapkan,  Parosil Mabsus sebagai Ketua Umum KONI Lambar masa bakti 2022-2026.

"Ketua Umum KONI Lambar masa bakti 2022-2026 sebagaimana dimaksud adalah ketua tim formatur yang diberikan mandat untuk menyusun kepengurusan KONI Lambar masa bakti 2022-2026 bersama dua orang anggota tim formatur. Tim formatur menyusun kepengurusan KONI Lambar masa bakti 2022-2026 selambat-lambatnya 15 hari sejak keputusan ini ditetapkan," ungkap Iwan Setiawan, yang disetujui oleh seluruh peserta sidang.

Solid dan Profesional

Sementara itu, dalam sambutannya Parosil menyampaikan visi terwujudnya KONI Lambar sebagai organisasi yang solid dan profesional dengan sistem pembinaan atlet yang terencana dan berkelanjutan untuk meraih prestasi yang hebat di berbagai event.

Selanjutnya, Parosil juga mengungkapkan misi dalam memimpin KONI Lambar ke depan, yakni membangun solidaritas KONI dengan seluruh jajaran Pengurus Kabupaten. Mengusahakan ketersediaan sarana dan prasarana yang memadai untuk meningkatkan prestasi Atlet.

"Kemudian, membangun kesadaran masyarakat dan Pengusaha agar lebih berperan dalam berbagai Program Peningkatan Prestasi Atlet. Membangun kerjasama yang harmonis dengan Pemerintah Daerah dan pihak-pihak terkait dalam pembinaan dan peningkatan prestasi Olahraga di Daerah, melakukan Program Pembinaan Pelaku Olahraga dengan sistem yang terencana, berkelanjutan, dan bertanggung jawab serta melanjutkan Kegiatan Monitoring dan Evaluasi ke seluruh Cabang cabang Olahraga," bebernya.

Selain itu, Parosil juga menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh peserta Musorkab yang telah memberikan sebuah amanah dan kepercayaan untuk menahkodai KONI Lambar.

"Tentu menjadi sopir sebuah organisasi olahraga ini bukanlah hal yang mudah, butuh sebuah kebersamaan dan kekompakan serta kerjasama, kerja keras dari seluruh jajaran pengurus KONI yang nanti Insha Allah akan saya bentuk bersama tim formatur, dan juga tentu harus mendapatkan dukungan dari pada seluruh pengurus cabang olahraga," ujarnya.

Lebih lanjut Parosil mengatakan, perlunya dedikasi dan gagasan bagaimana kedepannya Lambar mampu berkompetisi dengan kabupaten lain di berbagai macam bidang-bidang olahraga.

"Kita harus bersama mewujudkan KONI sebagai organisasi yang solid yang profesional dengan sistem pembinaan atlet yang terencana dan berkelanjutan untuk meraih prestasi hebat di berbagai event menuju Lampung Barat hebat, dan Indonesia maju," pungkasnya.

Tim Formatur Bekerja

Dilain pihak, Ketua Panitia Pelaksanaan Musorkab ke-V KONI Lambar Vicky Andreas Fiqrullah, mengatakan, Musorkab V KONI Lambar sebagai lembaga Permusyawaratan tertinggi di tingkat kabupaten bertujuan menetapkan penilaian Laporan Pertanggungjawaban pengurus KONI periode 2017-2021.

Lalu, memilih dan menetapkan Ketua Umum KONI Lambar masa bakti 2022 - 2026 yang sekaligus bertindak sebagai Ketua Tim Formatur untuk menyusun dan membentuk Pengurus KONI Lambar masa bakti 2022 -2026, dan menetapkan pokok-pokok Program Kerja Pembinaan Prestasi yang akan dilaksanakan oleh Pengurus KONI Lambar masa bakti 2022-2026.

"Peserta-peserta pada Musorkab V KONI Lambar ini berjumlah 28 peserta, terdiri dari Pengcab Cabor sebanyak 17 peserta dan tiga Pengcab Cabor sebagai pemantau," tandasnya.

Ketua KONI Lambar Masa Bhakti 2017-2021 Devi Sukartono menyampaikan ucapan terimakasih kepada atas dukungan Pemkab Lambar yang telah memberikan semua fasilitas untuk menjalankan organisasi.

"Mudah-mudahan di bawah kepemimpinan ketua yang akan datang akan menghasilkan produk olahraga lebih baik lebih baik dengan banyaknya prestasi. Dan terima kasih kepada kawan-kawan pengurus Koni kawan-kawan lengkap yang telah bekerja sama dengan baik selama ini Alhamdulillah kita telah melahirkan atlet-atlet yang mengharumkan nama baik tingkat provinsi nasional maupun internasional," tutupnya.

Untuk diketahui, Musorkab tersebut Ketua DPRD Lambar Edi Novial, Wakil Ketua II Erwansyah, Kajari Lambar Riyadi, dan jajaran Forkopimda lainnya. Hadir juga dalam Musorkab tersebut Ketua Bidang Organisasi KONI Provinsi Lampung Topan Indra Karsa, didampingi Wakil Ketua Bidang Organisasi Jolly Sanggam, dan sejumlah anggota, jajaran pengurus KONI Lambar, Pengkab Cabor selaku peserta dan peninjau. (Igun)