Sudah Masuk DPT Kah Anda? Gini Caranya Kata Ketua KPU Lambar

DL/10062021/Lampung Barat

----- Untuk memastikan semua masyarakat masuk dalam Daftar Pemilihan Tetap (DPT) khususnya di Kabupaten Lampung Barat (Lambar), Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat kenalkan Aplikasi untuk memeriksa DPT secara Mandiri. 

Dengan adanya aplikasi tersebut diharapkan dapat mempermudah masyarakat untuk mengecek status registrasi masing-masing secara mandiri. Pasalnya, di tengah Era Digital seperti saat ini semua dimudahkan oleh aplikasi yang bisa diakses melalui Smartphone (Gawai).

Ketua KPU Lambar, Arip Syah mengatakan, dengan Aplikasi tersebut masyarakat diberi kemudahan untuk memeriksa DPT,  apakah sudah terdaftar atau belum. 

"Sekarang, bagi masyarakat yang ingin mengecek DPT bisa mengunduh aplikasi 'CEK DPT KPU LAMPUNG' di play store, dimana dalam penggunaannya pun cukup mudah," Kata Arip, Kamis 10 Juni 2021.

Menurut Arip, Penggunaan aplikasi yang terbilang mudah tersebut, merupakan inovasi KPU Provinsi Lampung dalam rangka mendukung kerja-kerja Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan menuju Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024 yang akan datang.

"Setelah aplikasinya berhasil diunduh, kita hanya perlu menginput Nama Lengkap, Tanggal Lahir, Kabupaten, Kecamatan dan Pekon (Desa) tempat tinggal yang bersangkutan," jelasnya.

Setelah semua selesai diinput, Aplikasi CEK DPT KPU LAMPUNG akan menunjukan progres apakah masyarakat tersebut sudah terdaftar atau tidak pada DPT.

"Bila terdaftar, data akan ditampilkan termasuk di TPS mana ia akan menyumbangkan hak suaranya nanti. Sementara, bila belum terdaftar di aplikasi tersebut pun disediakan kolom Register yang semua orang bisa melakukan pendaftaran secara manual," bebernya.

Selain itu Arip menjelaskan, bagi masyarakat yang belum terdaftar dan melakukan registrasi manual pada aplikasi dimaksud, data akan otomatis masuk ke dalam server KPU Provinsi Lampung, dimana data tersebut nantinya menjadi acuan pihaknya menambahkan DPT terbaru.

"Walau tidak ada tahapan kePemiluan, KPU kabupaten/kota di setiap bulannya melakukan update terhadap data pemilih baru maupun pemula, baik tidak memenuhi syarat maupun ada perubahan data. Tujuannya untuk mewujudkan data pemilih yang akurat, mutakhir/terbarukan dan berkualitas," Paparnya.

"Ditengah era serba digitalisasi ini semua menjadi mudah, mari kita periksa apakah sudah masuk daftar DPT atau belum, menggunakan aplikasi ini," tandasnya. (Igun)

Tags