Terima Kunjungan Ike Edwin, Parosil Paparkan Potensi Wisata Lambar

DL/07062021/Lampung Barat

----- Bupati Lampung Barat Parosil Mabsus, menerima kunjungan Inspektur Jendral Polisi (Irjen Pol) Ike Edwin, mantan Kapolda Lampung tahun 2016.

Kunjungan tersebut dipusatkan di Kebun Raya Liwa (KRL), Pekon Kubu Perahu, Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten setempat, Senin, 07 Juni 2021.

Dalam kunjungan tersebut, Bupati Parosil Mabsus memaparkan nuansa keindahan alam seperti pegunungan dan perbukitan serta sejumlah danau yang dimiliki, dikombinasi dengan wisata budaya membuat daerah terujung provinsi Lampung itu memiliki paket wisata komplit sehingga tidak jarang wisatawan yang berkunjung kerap menjuluki Lampung Barat sebagai surga yang tersembunyi.

Bahkan kata Parosil Lampung Barat memiliki potensi wisata kawah nirwana yang berada di kecamatan Suoh yang merupakan satu-satunya di Indonesia yang menyerupai Yellow stone yang berada di Amerika Serikat.

“Kawah nirwana yang ada di danau keramikan itu bukan hanya kebanggaan bagi Lampung Barat melainkan juga kebanggaan Indonesia karena Cuma ada dua di dunia,  satu di Amerika Yellow Stone satu lagi di Lampung Barat kawah nirwana,” terang Parosil dihadapan Ike Edwin.

Parosil yang juga dikenal dengan sebutan Bupati Kopi itu, juga memaparkan sejumlah pariwisata unggulan yang dimiliki Lampung Barat, diantaranya KRL, danau Ranau yang ada di Kecamatan Lombok Seminung, Danau Asam, Belibis, Keramikan yang ada di Suoh, Wisata arung jeram di Sumber jaya. Wisata Gerdai, yang ada di Negeri Ratu, Temiangan Hill di Gedung Surian , cagar budaya megalitik yang berada di Kebun Tebu serta wisata budaya kerajaan yang masih terpelihara dengan baik tersebar di sejumlah kecamatan Kabupaten Lambar. 

Lebih lanjut mantan Anggota DPRD Lampung Barat Tiga Periode itu mengatakan, sebagai upaya Pemerintah Daerah dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Lampung Barat, pihaknya juga melakukan berbagai macam upaya diantaranya Festival Budaya, Festival Bumi Skala Brak, Festival Kebangsaan termasuk juga Festival Kopi.

Sementara Ike Edwin menyampaikan apresiasi dan rasa bangga atas capaian dan kemajuan Lampung Barat yang dipandangnya cukup berkembang dan mengalami kemajuan yang cukup pesat.

“Lampung Barat ini merupakan kampung halaman saya, dan saya bangga atas perkembangan dan kemajuan Lampung Barat saat ini, selain memiliki obyek wisata yang lengkap juga di tujang oleh infrastruktur yang bagus, dari Bandar Lampung sampai Liwa jalannya sudah mulus,” ujar Ike Edwin.

Bahkan lanjut Dang Ike sapaan akrab Ike Edwin, Lampung Barat ke depan merupakan cikal bakalnya Bandung, kalau melihat nuansa dan iklim Lampung Barat, udaranya sejuk alamnya indah.

Dang Ike, berkeyakinan dimasa depan Lampung barat akan lebih maju dan berkembang lagi terlebih Lampung Barat dipimpin oleh seorang anak petani.

“Pak Bupati ini merupakan putra daerah asli, anak petani yang mengerti dan memahami betul kondisi masyarakatnya, jadi tidak heran jika Lampung Barat berkembang maju cukup pesat dibawah kepemimpinannya,” tandas dang Ike. (Igun)