Parosil Bahas Destinasi Wisata Hingga Sekolah Kopi Dengan Sandi Uno

DL/19052021/Lampung Barat

----- Bupati Lampung Barat (Lambar), Parosil Manaus melakukan pertemuan khusus dengan Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif potensi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Lambar di Jakarta, Rabu 19 Mei 2021.

Bupati Parosil Mabsus, didampingi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Agustanto Basmar, Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata, Tri Umaryani, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan, Nata Djudin Amran dan Yori Antar (selaku Konsultan Nasional). 

Ada 10 destinasi wisata unggulan, seperti Event Festival Skala Bekhak dan event-event pendamping lainnya, yakni Pesta Sekura. Selain itu dipaparkan juga terkait program-program yang mendukung destinasi wisata lain yang diantaranya Sekolah Kopi dan Festival Kopi.

Kemudian terkait Ekonomi Kreatif yang ada di Lambar seperti Keunikan Celugam, Gamolan Pekhing dan potensi Empat Kerajaan Paksi Pak Skala Bekhak. 

Pada kesempatan tersebut Bupati Parosil Mabsus menyerahkan cinderamata kepada Menparekraf, Sandiaga Uno. Berupa hasil kerajinan asli masyarakat Lambar dan hasil perekonomian seperti Kopi Bubuk Kemasan serta Foto Wisata yang ada di Lambar.

"Saya sangat berterimakasih dengan adanya audiensi ini, dan diharapkan bisa mendapat respon dari Menparekraf untuk mendapat dukungan terhadap pariwisata dan ekonomi kreatif secara berkelanjutan," ungkap Parosil.

Permohonan dukungan tersebut meliputi pengembangan pariwisata berkelanjutan pada desa wisata, pengembangan kawasan danau ranau sebagai kawasan strategis pariwisata nasional.

"Kemudian pengembangan kawasan wisata Suoh sebagai kawasan Geopark Nasional, pengembangan sebagai kabupaten kreatif melalui kegiatan uji petik penilaian mandiri kabupaten/kota Indonesia, serta peningkatan aksesibilitas dan amenitas pada destinasi wisata unggulan," pungkasnya (Igun)