Manchester United Mulai Mengintimidasi Liverpool Pada Pekan 17

DL/05012021/BANDARLAMPUNG

---- Liverpool Tertahan di Kandang Southampton 0-1. Dengan demikian, kini kesempatan bagi rival abadi mereka, Manchester United terbuka lebar, dengan mengantongi kelebihan satu pertandingan, namun nilainya masih sama dengan Liverpool, 33 poin.

Namun siapa yang menyangka bahwa kebangkitan Manchester United yang hingga kini mulai dianggap sebagai penantang gelar Liga Inggris musim ini, dibaliknya ada sosok dua legenda klub, Ryan Giggs dan Roy Keane. 

Tiga bulan lalu, Manchester United menelan kekalahan memalukan 1-6 dari Tottenham Hotspur di Premier League. Pada November, MU dipermalukan Istanbul Basaksehir dan tersingkir dari Liga Champions. 

Namun, Setan Merah kini tak terkalahkan dalam tujuh laga beruntun di semua kompetisi menjelang duel semifinal Carabao Cup menghadapi Manchester City, Kamis 7 Januari 2021 dini hari WIB.  

Di Liga Inggris, MU mengantongi poin yang sama dengan sang pemuncak, Liverpool, serta memiliki satu laga di tangan. Red Devils mulai digadang-gadang menjadi pesaing serius dalam pacuan juara Premier League 2020/2021. 

Apa resep kebangkitan MU?

Menurut The Athetic, yang dikutip The Sun, Selasa 5 Januari 2021, kebangkitan itu dimulai dari perubahan di kompleks latihan MU, di Carrington. Manajer United, Ole Gunnar Solskjaer, dikabarkan mengundang Giggs dan Keane ke Carrington.  

Mereka diminta menginspirasi para pemain untuk lebih termotivasi mengejar gelar dan mengungkapkan bagaimana menciptakan suasana kekeluargaan di klub.

Keane, yang kini menjadi pundit di Sky Sports, membukukan 480 penampilan untuk Red Devils serta memenangi 12 trofi bergengsi. Adapun Giggs mengoleksi 22 gelar prestisius selama karier gemilangnya bersama Manchester United

Yang terbaru, mantan gelandang Manchester United, Darren Fletcher, mendapat tugas baru dari klub raksasa Inggris itu. Dia resmi didapuk sebagai staf pelatih di tim utama, alias bertugas membantu Ole Gunnar Solskjaer. 

Darren Fletcher bukan sosok asing bagi Manchester United. Ia mencatatkan 300 pertandingan bersama tim utama saat memperkuat Setan Merah. 

Pemain asal Skotlandia itu juga berperan penting membantu MU meraih banyak gelar. Saat itu, dia ikut mengantar Red Devils memenangi berbagai gelar, antara lain lima gelar Premier League, satu trofi Piala FA, dan satu titel Liga Champions. 

Dia pindah ke West Bromwich Albion pada 2015, untuk sementara menyudahi 20 tahun petualangannya di MU. Fletcher kemudian menyudahi kariernya sebagai pemain di Stoke City. 

Fletcher kembali ke Old Trafford pada Oktober 2020 untuk menangani tim Manchester United U-16.  Tak sampai tiga bulan, ia sudah dapat promosi ke tim utama. 

"Darren memiliki DNA United yang mengalir di nadinya dan dia tahu persis apa yang diperlukan untuk menjadi pemain Manchester United," kata Solskjaer, melalui situs resmi klub. 

"Dia berada di awal karier kepelatihannya dan pengalamannya baik di dalam maupun di luar lapangan bersama dengan mentalitas juara, komitmen dan kerja kerasnya akan menjadi tambahan yang bagus untuk staf," imbuh Solskjaer. 

Ini klasemen sementar 5 besar Liga Inggris:

Liverpool                         17     9       6    2    37     21     16        33

Manchester United    16     10     3    3    33     24     9          33

Leicester City                 17     10     2    5    31     21     10        32

Tottenham                     16     8       5    3    29     15     14        29

Manchester City           15     8       5    2    24     13     11        29

Southampton                17     8       5    4    26     19     7          29.

Sumber: Manchester United, The Sun

Tags