2022, Pilpratin 60 Pekon di Lambar Dilaksanakan Serentak

DL/21092020/Lampung Barat 

---- Peta politik di Lampung Barat terus berjalan dinamis, hingga pada pemilihan Peratin (Pilpratin). Untuk hal ini direncanakan pada 2022, Pilpratin untuk 60  dari 131 Pekon di Kabupaten Lampung Barat (Lambar), akan dilaksanakan serentak.

Ini diungkapkan Kabid Pemerintahan Pekon, pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) setempat Ruspel Gultom, Senin 21 September 2020 kepada detiklampung.com di ruang kerjanya.

“Wacana untuk pemilihan peratin yang akan digelar 60 pekon di 15 kecamatan paling lambat dilaksanakan pada Maret 2022.” Katanya.

Namun sebelumnya, tambah Ruspel, panitia pelaksana pemilihan akan dibentuk terlebih dahulu oleh Lembaga Himpunan Pemekonan (LHP) setempat. Tahapan Pilpratin dilaksanakan September 2021, mulai dari pembentukan panitia pelaksana hingga pemilihan Pilpratin. 

"Peratin akan cuti kemungkinan 15 hari semasa kampanye otomatis akan ada kekosongan selama itu, sehingga roda pemerintahan akan dilaksanakan oleh aparatur Pekon, jika Peratin mencalonkan diri kembali, Namun jika sebaliknya peratin tidak mencalonkan diri, maka akan tetap seperti biasa," ungkap Ruspel.

Namun, tenggat waktu cuti tersebut masih akan disusun terlebih dahulu. “Pembahasan kita belum sampai disana," imbuhnya.

Ruspel menjelaskan, sebelumnya panitia pelaksana terlebih dahulu akan melaksanakan pendataan Daftar Pemilih Sementara (DPS), penjaringan hingga verifikasi berkas data pemilih.

Pasca Pilpratin, esok harinya Peratin tetap melaksanakan pekerjaan pemerintahan seperti biasa sampai dengan detik habisnya masa jabatan dan dilantiknya Peratin pemenang pada Pilpratin tersebut. "Habisnya masa jabatan definitif Peratin pada Maret atau April 2020," ungkapnya. (gun)

Tags