Meski Ditahan Imbang Barca Masih Dipuncak Klasemen Paruh Musim

foto foxsport.co.id

DL/05012020/Bandarlampung

---- Pertandingan Pekan ke 19 Liga Spanyol terus berlangsung seru. Setelah sebelumnya Real madrid memastikan kemenangan di kandang Getafe, 0-3 dan memuncaki klasemen dengan 40 poin, Barcelona kembali mengambil tahta paruh musim ini dengan bermain imbang di kandang Espanyol, 2-2 Minggu dinihari wib, 5 Januari 2020 yang disiarkan langsung Bein Sport1.

Nilai kedua tim besar Spanyol ini sama 40 poin, namun Barca unggul pada selisih gol saja.

Kemenangan Barca yang sudah didepan mata hancur beberapa saat setelah pemain muda asal Belanda De Jong diusir wasit karena pelanggaran dengan kartu kuning kedua di menit 78.

Pemain asal China, Wu Lei, menjadi pahlawan timnya saat laga Derbi Catalan antara Espanyol vs Barcelona di Stadion RCDE.

Laga Espanyol vs Barcelona tersebut berakhir dengan skor imbang 2-2. Dalam pertandingan tersebut, Barcelona sempat tertinggal lebih dulu lewat gol David Lopez (23').

Namun, El Barca mampu membalikkan kedudukan lewat dua gol yang disumbangkan Luis Suarez (50') dan Arturo Vidal (59'). Kemenangan Barca yang sudah di depan mata hilang setelah Wu Lei mampu mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-88.

Hasil Liga Spanyol ini membuat Barcelona masih memimpin klasemen dengan perolehan 40 poin dari 19 laga. Poin Barcelona sama dengan yang dimiliki seteru abadinya, Real Madrid yang menguntit di posisi kedua.

Tuan rumah mampu memecah kebuntuan pada menit ke-23 setelah David Lopez sukses membobol gawang Neto lewat tandukannya di dalam kotak penalti meneruskan tendangan bebas Marc Roca. Bola tandukan David Lopez tidak mampu diamankan Neto yang melakoni debut bersama Barcelona di Liga Spanyol musim 2019-2020, hanya melihat arah bola menghujam masuk ke pojok kanan gawangnya.

Barcelona mencoba merespons pada menit ke-26 lewat aksi individual Lionel Messi tetapi tembakannya dari dalam kotak penalti masih terlalu lemah sehingga mudah diamankan oleh Diego Lopez.

Meski terus ditekan, Espanyol justru kerap menyulitkan barisan belakang Barcelona yang dikawal Gerard Pique dan Clement Lenglet lewat serangan balik dari sisi kiri pertahanan tim tamu.

Lionel Messi nyaris menyamakan kedudukan bagi Barcelona jika saja tandukannya yang berlari menyambut umpan silang Sergi Roberto pada menit ke-41 tidak diantisipasi oleh Diego Lopez. Luis Suarez gantian mengancam gawang Diego Lopez dengan sepakan luar kaki kanannya setelah melewati dua pemain Espanyol. Namun, tendangannya masih membentur mistar gawang. Pada dua menit terakhir babak pertama, Barcelona justru gantian ditekan lewat serangan balik para pemain Espanyol.
Namun, hingga babak pertama usai, tidak ada gol tambahan yang tercipta. Barcelona sementara tertinggal 0-1 dari Espanyol.

Memasuki babak kedua, Barcelona akhirnya mampu menyamakan skor pada menit ke-50. Memanfaatkan umpan silang Jordi Alba, Luis Suarez melepaskan tendangan jarak dekat yang bersarang di pojok kiri gawang Espanyol.

Barcelona berbalik unggul pada menit ke-59 saat sundulan Arturo Vidal gagal diantisipasi Diego Lopez. Pada menit ke-65, Lionel Messi melewati beberapa pemain Espanyol sebelum mengirim umpan matang ke Suarez yang sudah berdiri bebas di depan gawang.

Namun, sepakan keras Suarez masih bisa dipatahkan Diego Lopez. Barcelona harus bermain dengan 10 orang pada menit ke-75 saat Frenkie De Jong dikartu merah oleh wasit.

Semenit sebelum dikeluarkannya De Jong, Espanyol sempat memasukkan pemainnya asal China, Wu Lei. Baru enam menit di lapangan, Wu Lei langsung melepaskan ancaman ke gawang Barcelona.
Namun, Neto masih sigap menghalau. Pada menit ke-85, Wu Lei lagi-lagi memberikan ancaman. Menerima umpan dari sayap kanan, Wu Lei sempat berupaya melepaskan tembakan jarak dekat sebelum Gerard Pique datang menghalau.

Wu Lei akhirnya mampu menjadi pahlawan Espanyol lewat golnya pada menit ke-88. Menerima umpan terobosan di sisi kiri pertahanan Barca, Wu Lei melepaskan tendangan yang bersarang di pojok kanan gawang Neto.

Skor imbang 2-2 bertahan hingga pertandingan Espanyol vs Barcelona usai.

Susunan pemain Espanyol vs Barcelona:

Espanyol: 13-Diego Lopez; 16-Javi Lopez, 20-Bernardo Espinosa, 5-Naldo, 17-Didac Vila; 34-Victor Gomez (Matias Vargas 63'), 21-Marc Roca, 15-David Lopez (Ander Iturraspe 67'), 10-Sergi Darder; 14-Oscar Melendo (Wu Lei 74'), 12-Jonathan Calleri, Pelatih: Abelardo Fern√°ndez.

Barcelona: 13-Neto; 20-Sergi Roberto, 3-Gerard Pique, 15-Clement Lenglet, 18-Jordi Alba; 4-Ivan Rakitic (Arturo Vidal 46'), 5-Sergio Busquets, 21-Frenkie De Jong; 10-Lionel Messi, 9-Luis Suarez, 17-Antoine Griezmann (Nelson Semedo 80'), Pelatih: Ernesto Valverde.(dbs/tv)

Tags