Jadi Pahlawan Masa Kini Dengan Aksi-Aksi Sosial

DL/10112019/KALIANDA

--- Pelaksana tugas (Plt) Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto memimpin upacara bendera memperingati Hari Pahlawan ke-74 Tahun 2019 tingkat Kabupaten Lampung Selatan.

Upacara yang disatukan dengan kampanye Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Lampung Selatan ke-63 itu, dipusatkan di lapangan Korpri Kalianda, kompleks perkantoran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) lokal, pada Minggu 10 November 2019 pagi.

Hadir dalam kegiatan tersebut anggota Forkopimda Lampung Selatan, Sekretaris Daerah bersama para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD di Pemkab Lampung Selatan, Ketua Tim Penggerak PKK Hj. Winarni bersama jajaran pegurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Lampung Selatan.

Sementara peserta upacara terdiri dari anggota TNI dan Polri, Satpol PP, Dishub, ASN dilingkup Pemkab Lampung Selatan, pelajar dan pramuka, serta anggota organisasi kemasyarakatan.

Dalam upacara tersebut, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto menyampaikan, upacara mengingat Hari Pahlawan tersebut menjadi momentum untuk mengingat kembali pertarungan 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam pertempuran kemerdekaan Indonesia.

Dimana menurutnya, masalah perang ini mengingatkan masyarakat yang berhasil saat ini, yang datang begitu saja, yang membutuhkan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri ini.

"Semangat yang membahas tentang para pahlawan dan pejuang ini harusnya perlu ditumbuhkan-kembangkan di sanubari segenap insan warga negara Indonesia," tegasnya.

Lebih lanjut Nanang disampaikan, menjadi pahlawan masa kini dapat dilakukan oleh dalam aksi-aksi sosial maupun kesejahteraan.

Seperti menolong sesama yang menentang musibah, tidak melakukan provokasi dan menerbitkan berita tipuan, juga tidak melakukan tindakan anarkis atau membahayakan orang lain dan sebagainya.

“Jika dulu semangat kepahlawanan dipindahkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa, tetapi sekarang untuk menjadi pahlawan bukan dengan mengangkat senjata mengusir penjajah. Melainkan dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan dan kesejahteraan bagi masyarakat, ”katanya.

Disamping itu kata Nanang, melalui peringatan Hari Pahlawan dan HUT Kabupaten Lampung Selatan tahun 2019, diharapkan dapat mendukung semangat berinovasi bagi segenap anak bangsa untuk menjadi pemenang masa kini, dengan tema bertema Hari Pahlawan Tahun 2019 “ Aku Pahlawan Masa Kini ”.

“Melalui Percakapan Hari Ulang Tahun Kabupaten Lampung Selatan ke-63 Tahun 2019, kiranya dapat menjadi momentum bagi kita untuk membangkitkan semangat, motivasi, kreativitas dan kreativitas, serta juga menjadi refleksi dan koreksi bagi kita semua melawan tujuan yang telah kita laksanakan dalam pembuatan Kabupaten Lampung Selatan yang kita cintai, ”katanya.

Usai melaksanakan upacara bendera, selanjutnya Plt Bupati Lampung Selatan bersama anggota Forkopimda dan tamu undangan lainnya, menuju Taman Makam Pahlawan Kesuma Bangsa, untuk melaksanakan Ziarah Nasional. (Hs/az)

Tags