Uni Emirat Arab Hancurkan Timnas Indonesia 5-0

DL/10102019/Bandarlampung

---- Tim nasional (Timnas) Sepakbola Indonesia kembali menelan kekalahan telak 5-0 atas Uni Emirat Arab (UAE) dalam lanjutkan babak kualifikasi Piala Dunia zona Asia yang dimainkan di stadion kebanggan UAE, Al Maktoum Dubai, Kamis malam 10 Oktober 2019 waktu UAE yang disiarkan langsung TVRI.

Penampilan Timnas UAE jauh lebih baik dibandingkan Indonesia yang bermain serba tanggung dan hampir seluruh pemain bermain buruk. Ini merupakan tim terburuk yang dimiliki Indonesia sepanjang lima tahun terakhir, yang dalam tiga pertandingan mengalami kekalahan yang sangat menyesakkan.

Melawan UAE dengan perbandingan penguasaan bola yang sangat mencolok 64-36, adalah cerminan bagaimana kualitas permainan timnas Indonesia dibawah asuhan Mc Menemi, jauh dari yang diharapkan.

Ali Mabkhout membuat hatrik ke gawang Wawan Hendrawan yang juga tampil buruk dalam pertandingan ini.

Kesempatan pertama UEA datang pada menit ke-2. Untungnya, sundulan Walid Abbas memanfaatkan sepak pojok masih mampu ditangkap kiper Timnas Indonesia, Wawan Hendrawan.

Peluang UEA kembali hadir pada menit ke-20. Namun, tendangan Jassim Yaqoob masih melebar di sisi kanan gawang Wawan.

Bertubi-tubi mengurung pertahanan Timnas Indonesia, UEA memperoleh hasilnya pada menit ke-41. Khalil Ibrahim berhasil memanfaatkan tangkapan tidak lengket Wawan untuk menceploskan bola ke gawang Timnas Indonesia.

Setelah unggul, UEA tidak mengendurkan serangan ke Timnas Indonesia. Namun, skor 1-0 bertahan hingga jeda turun minum.

UEA semakin menggila pada paruh kedua. The Falcons berhasil menggandakan keunggulan melalui Ali Mabkhout pada menit ke-51.

Berawal dari kesalahan Zulfiandi, pemain UEA lalu mampu merebut bola dan memberikannya kepada Ali Mabkhout. Penyerang berusia 28 tahun itu sukses melob bola melewati Wawan.

UEA mendapatkan hadiah penalti ketika Hansamu Yama dianggap menyentuh bola di kotak 12 pas. Ali Mabkhout yang menjadi algojo mampu mengecoh Wawan untuk membawa The Falcons menjauh 3-0 pada menit ke-63.

Timnas Indonesia sempat punya kans untuk memperkecil kedudukan pada menit ke-66. Namun, tendangan bebas pemain pengganti, Stefano Lilipaly masih ditepis oleh kiper UEA, Khalid Eisa Bilal.

Timnas Indonesia kian tak berdaya setelah UEA berhasil mencetak gol keempat. Adalah Ali Mabkhout, yang membukukan hattrick setelah melewati Wawan sebelum menceploskan bola ke pada menit ke-71.

Upaya Timnas Indonesia untuk memperkecil ketertinggalan tidak membuahkan hasil. UEA juga mengurangi intensitas serangan setelah unggul empat gol.

Mimpi buruk bagi Timnas Indonesia belum berakhir. Ketika pertandingan memasuki menit ke-2 tambahan waktu, Tariq Ahmed mencetak gol kelima untuk UEA.

UEA memastikan kemenangan 5-0 atas Timnas Indonesia saat wasit Adam Makhadmeh meniup peluit panjang.

Indonesia pun kian terbenam di dasar klasemen Grup G dengan nol poin dari tiga pertandingan. Adapun, UEA melesat ke puncak klasemen dengan mengumpulkan enam angka dari dua laga.

Susunan Pemain

UEA (5-4-1): Khalid Bilal (k); Mohamed Saleh, Walid Abbas, Mohamad Omar, Khalifa Mubarak, Ahmed Barman (d); Ali Hassan, Khalil Ibrahim, Jassim Yaqoob, Ali Saleh (t); Ali Ahmed (d)

Pelatih: Bert van Marwijk

Timnas Indonesia (4-2-3-1): Wawan Hendrawan (k); Hansamu Yama, Yanto Basna, Gavin Kwan Adsit, Ricky Fajrin (d); Zulfiandi, Hanif Sjahbandi; Dendi Santoso, Irfan Bachdim, Andik Vermansah (t); Alberto Goncalves (d)

Pelatih: Simon McMenemy