Bravo, Pra PON Futsal Lampung Juara Rafhely Cup 2019

DL/27072019/Padang

---- Tim Futsal Lampung yang dipersiapkan untuk prakualifikasi PON 2020, tampil luar biasa dalam rangkaian ujicobanya. Kali ini tim yang ditukangi Wahyudin Kocoy itu mengikuti kompetisi tingkat nasional, Rafhely Cup 2019 di Padang, Sumatera Barat.

Anak-anak Lampung mampu keluar menjadi juara setelah mengalahkan tuan rumah tim Pra PON Sumatera Barat dengan skor 4-3, dalam pertandingan yang sangat dramatis selama hampir 120 menit.

Dengan kemenangan ini sudah cukup bagi tim Pra PON Lampung untuk memboyong trophy Rafhely untuk pertama kalinya.

Refani cs sebenarnya sudah sempat memimpin 2-0 pada babak pertama, bahkan sempat menjadi 3-0 mengawali babak kedua melalui Egi Desta dan Refani Putra.

Namun tuan rumah melakukan rotasi yang benar dan mampu menyamakan kedudukan hingga 3-3, di pertengahan babak kedua. Ini terjadi setelah skema bermain Powerplay dilakukan anak-anak Sumatera Barat yang diasuh pelatih asal Malaysia, Qusmaini Nor Rusli.

Dalam permainan cepat ini anak-anak Sumbar mampu merangsek pertahanan Lampung yang tampak terkejut dengan perubahan pola ini, sehingga kebobolan 3 gol. 3-3.

Namun second wind tim pra PON Lampung bertiup pada menit akhir babak kedua tatkala terjadi pelanggaran di luar kotak penalty Sumatera Barat. Salah seorang Pemain Pra-PON Lampung dijatuhkan persis di luar garis penalty Sumatera Barat dan sangat menguntungkan bagi Lampung  yang telah dilanggar sebanyak 6 kali dan berbuah hadiah tendangan second penalty.

Aldy Riofani sebagai eksekutor sukses menjalankan tugas sebagai penendang dan menjebol gawang Pra-PON Sumatera Barat sekaligus membungkam seisi gedung Rafhely dan merubah kembali kedudukan 4-3 untuk keunggulan Pra-PON Futsal Lampung.

Gol ini sekaligus menempatkan tim pra PON Lampung sebagai kampiun di Rafhely Cup 2019. “Terima kasih doanya masyarakat Lampung. Ini awal yang baik bagi kami tim pra PON Lampung, untuk menuju pertandingan sesungguhnya di prakualifikasi PON November mendatang,” kata manajer tim Pra PON Lampung, Reza Mahesa di gedung Rafhely, usai final dilakukan.

Meskipun bukan target utama yang ingin diraih, namun kemenangan gemilang ini diharapkan mampu memberikan motivasi lebih untuk para pemain pra PON Lampung agar pada pertandingan di Jatinangor awal November nanti jauh lebih baik.

“Alhamdulillah. Ini hasil yang baik untuk memacu prestasi lebih baik lagi ke depan. Ini memang pertandingan berat, nyaris seperti pra PON sesungguhnya, karena di sini ada delapan tim pra PON yang ikut ambil bagian, dan kami berhadapan dengan tim Riau, DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Sumatera Barat.” Kata Reza.

Dengan hasil ini, diharapkan para pemain tidak cepat puas, karena even sesungguhnya belum dilalui. “Ini pemanasan. Anak-anak saya harap tidak cepat puas. Lupakan Rafhely Cup dan jangan kelamaan eforia. Lalu fokus pada tugas berat selanjutnya, lolos ke PON 2020,” tambahnya.

Perjalanan tim pra PON Lampung menjadi juara Rafhely Cup 2019:

Babak grup:

Pra PON Lampung vs Pra PON Riau  (3-1)

Pra PON Lampung vs Petropali Sumsel (3-1)

Pra PON Lampung vs Jordus FC Sumbar (8-2)

Perempat Final:

Pra PON Lampung vs Pra PON Jateng (2-0)

Semifinal :

Pra PON Lampung vs Pra PON DKI Jakarta (3-1)

Final :

Pra PON Lampung vs Pra PON Sumbar (4-3)

(rian/don)