Cahaya Sport Solusindo Akan Gelar Liga Sepakbola Kelompok Umur Yooscout 2024-25

DL|Bandarlampung|Sport|18102024

---- Cahaya Sport Solusindo (CSS) adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan olahraga usia muda (sepakbola), yang berafiliasi dengan stasiun TV Cahaya Televisi Indonesia (CTV Network).

“Dengan CSS, kami ingin memperbaiki cara pemain bola, pencari bakat, agen, klub, dan akademi saling berinteraksi dan menyusun turnamen bola yang rapih dan konsisten menggunakan tournament management system kami untuk meningkatkan standar industri.” Kata Santoso, owner CTV Network.

Misinya, lanjut Santoso, adalah memberdayakan industri dan komunitas sepakbola Indonesia, dengan mempromosikan pendidikan dan pelatihan yang berkualitas untuk menjamin masa depan yang cerah baik di dalam maupun di luar lapangan.

Selain itu meningkatkan kualitas industri dan komunitas sepak bola Indonesia dengan membenahi ekosistem sepak bola Indonesia, serta mempromosikan edukasi yang berkualitas di dalam dan di luar lapangan.

“Menciptakan ekosistem yang dinamis dan menjadi jembatan untuk menghubungkan para pemain, pelatih, agen, pencari bakat, akademi, dan klub sepak bola di seluruh dunia melalui plat?orm sosial kami yang inovatif, yaitu Yooscout (dari Jerman).” Tambahnya.

Menyelenggarakan liga dan turnamen dengan sistem manajemen sepakbola, Soccer Academia, untuk mengumpulkan data statistik pemain dan memberikan mereka pengalaman dan eksposur yang dibutuhkan untuk berkembang.

Kemudian memberdayakan pelatih, pencari bakat, agen, klub, dan akademi sepak bola lokal untuk membawa standar industri ke level yang lebih tinggi. Mengintegrasikan pendidikan yang berkualitas dengan pelatihan agar setiap individu siap menghadapi tantangan masa depannya di dalam maupun di luar lapangan.

Aplikasi untuk pemain, agen, pencari bakat, pelatih, akademi, dan klub sepak bola di seluruh dunia, dimana semua dapat saling berinteraksi, berbagi pengetahuan, dan menciptakan peluang yang tak terbatas.


Soccer Academia

Soccer Academia adalah tournament management system yang membantu penyelenggara turnamen dengan efisien mengelola pendaftaran, pembayaran, dan pelacakan turnamen.

Platform ini memudahkan akses ke jadwal, hasil pertandingan, dan statistik pemain serta tim, mempermudah tim dan penyelenggara.

Indonesia, sebagai negara dengan populasi terbesar keempat di dunia, saat ini berada di peringkat 133 dari 210 di FIFA Men’s World Ranking dan 107 dari 193 di FIFA Women’s World Ranking. Hal ini menunjukkan perlunya sistem yang efektif untuk mengidentifikasi dan mengembangkan bakat, untuk meningkatkan standar sepak bola di Indonesia, salah satunya adalah melalui membuat kompetisi yang berkualitas, konsisten, dan berjenjang.

VIP Host Lampung

Sementara itu Hermanto, owner VIP Soccer Academi mengatakan bahwa untuk pembicaraan awal dengan pelaksana pusat CSS, disepakati bahwa host untuk provinsi Lampung akan diserahkan kepada VIP Soccer Academi.

“Ya kami sudah berbicara banyak dengan pak Santoso mengenai teknis dan non teknisnya. Pada prinsipnya kami siap untuk menjadi host dalam kompetisi Yooscout ini. Dan untuk itu juga kami sudah menyiapkan tim kerja untuk menjalankan event tingkat regional Lampung,” kata Hermanto.

Sarana dan prasarana, kata Hermanto, sudah siap dan tinggal mengemas sedemikian rupa menyesuaikan dengan pola kerja yang selama ini dilakukan oleh panitia pusat, agar semua memberikan kesan yang baik dari daerah ke nasional.

“Kompetisi ini kan berjenjang, jadi memang dipersiapkan untuk mencari pemain daerah yang dibawa ke tingkat internasional secara bertahap. Maka dari itu juga diharapkan di Lampung memiliki tim-tim yang berkualitas dari kelompok usia 11, 13, 15 dan 17 tahun. Semua nanti jenjang mainnya ke nasional dan lanjut ke internasional,” tambah Hermanto.

Peserta Kelompok Umur adalah U11, U13, U15, dan U17 kategori putra dan putri. Peserta 10-27 kota per kelompok umur 12-20 tim per kota per kategori.

Beberapa daerah yang akan menjadi host diantaranya Aceh, Medan, Palembang, Padang, Lampung, Jakarta, Tengerang, Bandung, Cianjur, Cirebon, Cilacap, Tegal, Semarang, Solo, Jogja, Pati, Surabaya, Kediri, Malang, Lombok, Palangkaraya, Samarinda, Makasar, Manado, Jayapura, Timika.

“Untuk Lampung, Liga Regional akan digelar di stadion Sumpah Pemuda dengan mekanisme yang sudah ditetapkan. Juara 1 dari regional ini akan berpartisipasi di Liga Nasional dan mendapatkan piala dan medali.” Kata Hermanto.

Kemudian untuk Liga Nasional peserta Kelompok Umur adalah U11, U13, U15, dan U17 kategori putra dan putri pesertanya tim juara dari Liga Regional undangan akan dihadiri oleh pemandu bakat (scouters) dan agen.

Juara 1 tingkat nasional nantinya akan berpartisipasi di Liga Internasional dan mendapatkan piala dan medali, sementara juara 2-4 juga berpartisipasi di Liga Internasional dan mendapatkan sertifikat.

Ada pemilihan Best Player dan Best Coach dimana para pemenangnya berkesempatan untuk training di Eropa disponsori oleh Yooscout Germany.

Puncaknya adalah pada tataran internasional Kelompok Umur adalah U11, U13, U15, dan U17 kategori putra dan putri. Juara 1-4 Nasional akan berpartisipasi di Liga Internasional dengan negara-negara Asia Tenggara diawalnya. Ini akan dihadiri pemandu bakat dan agen dr dalam dan luar negri.

Untuk pendaftaran klub dan pemain bisa ke yooscout.com, dengan mengupload dokuemn untuk verifikasi identitas. Kemudian masuk ke soccer academia.id menggunakan Yooscout ID untuk memilih pemain dan melakukan pembayaran. (don)