Maksimal Papan Tengah, Lampung 15 Besar POPNas XVI 2023

DL/Bandarlampung/Sport/22082024

----- Raihan medali Emas dari M Riko Suprayogi, Petinju Lampung kelas 71 Kg Jumat malam, 2 September 2023, merupakan pencapaian maksimal bagi kontingen Lampung di Pekan Olahraga Provinsi (POPNas) XVI di Palembang Sumatera Selatan, dengan perolehan sementara 2 medali Emas, 8 Perak dan 19 Perunggu hingga update klasemen pukul 22.51 wib.

Semalam, cabang olahraga Tinju, menyumbang 1 medali emas dan 2 perak. Sebelumnya cabang Atletik juga menambak medali perunggu di dua nomor putra, Jalan Cepat dan Lontar martil.


Petinju Lampung, Riko Suprayogi penyumbang emas kedua  kontingen Lampung (foto: don)

Posisi Lampung di peringkat 15 ini adalah yang kemungkinan maksimal, karena dua peluang yang ada, dari Panahan dan Atletik, tidak cukup untuk menyalip Sumatera Barat dan Nusa Tenggara Barat yang sudah mengoleksi 6 medali emas.

Kemungkinan Lampng turun klasemen juga sangat kecil, karena beberapa kontingen yang ada dibawah Lampung saat ini sudah tidak memiliki partai final.

Dan jika ada yang berpeluang menyalip Lampung adalah Sulawesi Selatan yang  baru memperoleh 1 medali emas dan memiliki cadangan 9 perak. Jika Sulsel ternyata mendapat 1 medali emas hari ini, maka Lampung akan turun di posisi 16. Jika tidak, Lampung akan maksimal berada di papan tengah klasemen, dari 34 Kontingen yang berpartisipasi tahun ini.

Peluang lain yang mungkin masih bias direngkuh adalah atletik Estafet 4X400 meter putri yang pagi ini akan bertanding pukul 08.10 wib di stadion Atletik Jaka Baring Sport City, dan Panahan beregu putri juga akan bermain hari ini di lapangan Panahan JSC.

Ketua kontingen Lampung, Budi Marta Utama menyemangati atlet di dua cabor ini untuk berjuang sampai titik waktu terakhir.

“Jangan menyerah sampai semua selesai. Bahkan peluang sekecil apapun harus digunakan untuk menggapai prestasi itu, dan memperjuangkan hak juara. Karena hak juara ada di semua atlet, bukan hanya milik daerah-daerah adi daya. Kita juga punya hak untuk juara, meskipun sering dirampas. Semangat saja, keluarkan kemampuan terbaik kalian, hari ini sebagai bukti bahwa berjuang tiada henti.” Katanya kepada mediasenior.id, Sabtu pagi 3 September 2023.

Tidak ada yang tidak mungkin, sambung Budi, semua lawan sama. “Jangan kalah sebelum bertanding. Semua masih punya kesempatan,” tambahnya. (don)