Ini Calon Lawan Timnas Indonesia Di Piala Asia 2023

DL/Kuwait/15062022

---- Setelah menunggu 15 tahun untuk lolos Kembali ke putaran final Piala Asia, akhirnya Shin Tae-yong lah orang yang berhasil membawa tim nasional Indonesia Kembali bersaing di level Asia.

Hasil kualifikasi yang dinilai sangat mengejutkan, adalah awal as aitu Kembali tergambar oleh masyarakat pecinta Indonesia, tatkala mengalahkan tim tuan rumah Kuwait dengan 2-1, dan meskipun kalah tipis 0-1 dari Jordania. Namun kemudian tampil perkasa dan menggulung Nepal dengan skor 7-0.

Bermain di Jaber Al-Ahmad International Stadium, Kuwait, skuad Garuda menunjukkan ketangguhan mereka bahkan seperti di kandang sendiri. Terutama saat melawan tekanan Kuwait di partai perdana grup ini.

Para pemain Indonesia yang tampil spartan dan merata dalam kualitas, membuat lawan-lawannya kerepotan, meski juga beberapa kali berhasil menekan Indonesia.

Saat pertandingan penentuan melawan Nepal. Indonesia seolah sudah ingin menghabiskan tenaga di pertandingan ini dengan memforsir serangan sejak kick-off, dan bertarget menang besar, minmal 3 gol tanpa balas.

Shin Tae-Yong berhasil mengubah cara pandang anak-anak muda Indonesia dalam bermain sepakbola di era modern ini, sehingga mampu mengejutkan banyak kalangan pangamat di dunia sepakbola Asia. Indonesia bermain dengan ciri khas cepat dengan bola pendek mengalir yang sering merepotkan lawan.

Lolosnya Indonesia dengan predikat lima runner-up terbaik akan diuji nanti dengan kekuatan dari 23 negara lainnya yang sudah lebih dahulu lolos.

Daftar Negara Peserta Piala Asia 2023

Kesuksesan ini membawa Indonesia menjadi tim terakhir yang berhasil merebut tiket ke putaran final Piala Asia 2023 tahun depan. Berikut adalah daftar lengkap negara yang lolos ke Piala Asia 2023 selengkapnya.

Arab Saudi

Australia

Bahrain

China

Hong Kong

India

Indonesia

Irak

Iran

Jepang

Kirgistan

Korea Selatan

Lebanon

Malaysia

Oman

Palestina

Qatar

Suriah

Tajikistan

Thailand

Uni Emirat Arab

Uzbekistan

Vietnam

Yordania

Piala Asia akan digelar pada Juli tahun 2023. Dan dikabarkan seluruh tim yang lolos di 24 negara ini berhak mengajukan permintaan sebagai tuan rumah pelaksanaan Final Piala Asia. (tim)