SPBE Merupakan Sebuah Tuntutan Kemajuan Daerah

DL/17052019/Pesibar

---- Salah satu upaya Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat untuk mewujudkan tata kelola Pemerintahan yang efektif dan efisien yaitu dengan dibentuknya sistem Pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) dengan memanfaatkan Teknologi Informasi secara menyeluruh dan terpadu dalam pelaksanaan Administrasi Pemerintah dan penyelenggaraan Pelayanan Publik pada suatu Instansi Pemerintahan.

Adapun tujuan dari penerapan aplikasi ini yaitu untuk mewujudkan respon yang cepat dari Pemerintah terhadap masyarakat.

Demikian disampaikan Pj Sekkab Pesisir Barat, Ir. N. Lingga Kusuma, MP mewakili Bupati DR. Drs. H. Agus Istiqlal, SH., MH pada pembukaan sosialisasi rancang bangun data Portal Online dan penyampaian hasil Evaluasi Sistem Pemerintahan berbasis Elektronik (SPBE), di Gedung Dharma Wanita, Pesisir Barat, Kamis 16 Mei 2019.

Apresiasi yang tinggi atas terlaksananya sosialisasi rancang bangun data Portal Online dan penyampaian hasil evaluasi SPBE ini. “Dan mudah-mudahan dengan terlasananya kegiatan ini bisa membawa Kabupaten Pesisir Barat ke arah yang lebih baik." Harapnya.

Oleh karena itu, diperlukan kerja keras dari semua pihak terutama dari Organisasi Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat, supaya saling meningkatkan sinergi antara satu dan lainnya demi terwujudnya layanan SPBE yang berkualitas, terintegrasi, dan berkesinambungan yang diharapkan bermanfaat bagi masyarakat, pelaku usaha dan Instansi Pemerintah," jelasnya.

Peranan Komunikasi dan Informasi sangat penting dan strategis karena menjadi salah satu sarana berkomunikasi yang efektif bagi masyarakat dan mempunyai nilai tambah ekonomis dalam dunia usaha.

Dengan demikian peranan komunikasi dan informasi media cetak, media Elektronik dan Media Online sebagai alat penyampaian Informasi diharapkan dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat sebagai upaya untuk mewujudkan masyarakat yang berbasis Informasi. Dengan kondisi tersebut membuat tuntutan publik terhadap peningkatan kinerja Pemerintah menjadi semakin tinggi. “Pengelolaan data dan informasi yang baik pada akhirnya adalah keharusan bagi Pemerintah Daerah,” Ujar Lingga.

Hadir pada acara ini anggota Forkopimda Pesisir Barat - Lampung Barat, Pejabat pimpinan tinggi Pratama dan Pejabat Administrator lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat, tim Evaluator Internal sistem Pemerintah Berbasis Elektronik, para peserta sosialisasi rancang bangun data Portal Online dan penyampaian hasil Evaluasi SPBE. (HKPB/Yung)