Ahmad Pairin : Pelajar Harus Memiliki Jiwa Nasionalisme Dan Patriotisme

DL/25032019/Kota Metro

---- Untuk memupuk rasa cinta terhadap Bangsa dan Negara,ratusan pelajar dari Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)  mengikuti sosialisasi wawasan kebangsaan yang diselenggarakan oleh Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Metro, Senin 25 Maret 2019. Acara tersebut dibuka langsung oleh Walikota Metro, Ahmad Pairin.

Pada kesempatan itu, Pairin menegaskan, sosialisasi tentang wawasan kebangsaan bertujuan untuk menanamkan kembali jiwa patriotisme kepada anak-anak.

Hal terpenting menurutnya, anak-anak generasi penerus bangsa wajib memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme. Karena saat ini, di kalangan pemuda memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme cenderung menurun.

“ Dulu sewaktu sekolah, ketika guru lewat anak-anak akan menyambut atau sungkem kepada guru dan membawakan buku guru tersebut. Saat ini apa masih ada. Sekarang disentil sedikit saja sudah lapor polisi. Padahal itu kan tujuannya baik. Nah ini perlu, pendidikan karakter kepada anak,” jelasnya.

Hal lain yang disampaikan oleh walikota adalah untuk siswa yang sudah mempunyai hak pilih, diimbau agar memilih calon yang terbaik.

“Untuk pemilihan DPRD pilihlah yg mampu membawa perubahan. Karena banyak anggota dewan yang tidak faham tugasnya. Kalau di Pilpres silahkan pilih yang paling baik menurut kalian,” katanya.

Sementara, Plt Kepala Kesbangpol Metro Nur Elman mengatakan, tujuan sosilisasi ini agar para siswa bisa menjadi contoh yang baik di sekolah masing-masing. Memiliki jiwa sosial, toleran dan memiliki jiwa nasionalis dan patriotis yang kuat.

“Kan tadi sudah dicontohkan ya sama pak Walikota, kalau anak sekolah sekarang tidak seperti dulu. Anak sekolah dulu sangat hormat pada gurunya, sekarang kan tidak. Bagaimana mau peduli kepada bangsa kalau sama guru saja tidak peduli,” jelasnya.

Diharapkan, melalui kegiatan ini, siswa di didik untuk lebih mencintai negeri ini dan minimal membawa kerukunan di sekolahnya. Nur Elman mengakui bahwa kegiatan ini belum maksimal namun pihaknya akan terus berupaya meningkatkan mutu dan kwalitas dari kegiatan tersebut. (Igun)