Pemkot Metro Bagikan Reward Atlet dan Pelatih Peraih Medali Porprov IX Lampung Tahun 2022

DL/17042023/Kota Metro

--- Pemerintah Kota Metro bagikan reward kepada para atlet dan pelatih olahraga peraih medali pada Porprov IX Lampung Tahun 2022, dalam acara silaturahmi di wisma haji Al Khairiyah Kota Metro, Senin 17 April 2023.

Mewakili ketua kontingen Porprov Bangkit Haryo Utomo, sekretaris Kontingen Arif Budi Sulistyo dalam laporannya menyampaikan bahwa Kota Metro mengirimkan sebanyak 30 cabor dengan jumlah peserta 470 atlet di Porprov ke IX Lampung 2022.

“Alhamdulillah kontingen Kota Metro berhasil meraih medali Emas 100, Perak 114, dan Perunggu 170, sekaligus menempati peringkat  dua (runner up)," katanya.

Dijelaskan Arif, itu semua atas kerjasama seluruh atlet, ketua cabor, pengurus KONI, dan Pemerintah Kota Metro sehingga dapat menjadi satu kesatuan yang tak terkalahkan. Pada Porprov sebelumnya 2017, kontingen kota Metro hanya mampu menempati posisi ke-5.


"Kita dapat menduduki peringkat 2, ini merupakan kebanggaan yang luar biasa, sebab pada Porprov sebelumnya kita hanya menduduki peringkat 5," jelasnya.

Atas prestasi yang diperoleh tersebut Pemerintah Daerah Kota Metro memberikan bonus kepada para atlet dan pelatih berupa reward sebagai uang pembinaan .

Rincian reward tersebut untuk cabor perorangan, peraih medali emas Rp10juta, Perak Rp4 juta, dan Perunggu Rp2,5 juta. “Kemudian untuk cabor ganda, EmasRp15 juta, Perak Rp7 juta dan Perunggu Rp5 juta. Sedangkan untuk cabor beregu Rp20 juta untuk medali Emas, Rp10 juta untuk Perak dan Rp6 juta Perunggu," jelas Arif.

Sementara itu Ketua KONI Kota Metro, Hi. Ampian Bustami, menegaskan bahwa pihaknya memberikan apresiasi yang tinggi atas perjuangan dan semangat serta pantang menyerah waktu bertanding serta sportivitas yang telah ditunjukkan oleh atlet-atlet Kota Metro.

"KONI dan pemerintah Kota Metro memberikan penghargaan yang tinggi-tingginya kepada seluruh pengurus KONI, pengurus cabang olahraga Kota Metro serta pelatih dan ofisial yang bekerja tidak kenal lelah, mulai dari mempersiapkan para atlet sampai pada pelaksanaan Porprov IX kemarin," tegasnya.

Seperti diketahui, lanjur Ampian, Kota Metro berhasil mendapat prestasi runner up pada Porprov tahun 2022. Padahal sebelumnya, kontingen Kota Metro hanya ditargetkan juara tiga, namun atas kegigihan dan sportivitas para atlet dan pelatih dalam pertandingan sehingga mampu meraih prestasi yang gemilang dan berhasil menempati posisi dua.

"Dengan 100 emas, 114 perak, dan 170 perunggu, sungguh hasilnya membanggakan karena sudah melampaui target yang dicanangkan oleh bapak  Walikota. Dimana pak wali menargetkan kita 3 besar, ternyata dengan kerjasama semua yang terlibat, kita bisa meraih hasil yang maksimal yakni runner up. Dan kami berharap prestasi ini dapat dipertahankan sedang bagi atlet yang belum memperoleh prestasi agar semakin giat berlatih sehingga bisa berprestasi juga," jelas Ampian.

Dalam kesempatan itu, Walikota Metro Wahdi Siradjuddin, memberikan apresiasi yang tinggi kepada Wakil Walikota dan seluruh OPD serta seluruh jajaran pengurus KONI Kota Metro, yang telah dapat mendampingi semua atlet-atlet yang ikut pertandingan dalam segala cabornya.

"Sungguh luar biasa dan membanggakan, dengan memberikan dampingan tersebut menjadikan sebuah kekuatan sehingga Kota Metro bisa memperoleh peringkat 2 dalam Porprov kemarin, dan itu juga tak lepas dari do’a dan dukungan moral dari seluruh masyarakat Kota Metro," kata Wahdi.

Menurut Wahdi, siapapun harus mempunyai peran di Kota Metro, dengan adanya prestasi tersebut pemerintah Kota Metro layak memberikan reward kepada para atlet, walaupun itu mungkin tidak seberapa tetapi itulah salah satu bentuk perhatian.

"Kita sebagai orang Metro tentunya harus dibuktikan dengan prestasi, selamat dan terima kasih sekali lagi tentunya, dengan 100 emas, 114 perak serta 170 medali perunggu, ini tentu akan tercatat di museum Kota Metro," pungkas Wahdi.

Acara tersebut juga dihadiri, Wakil Walikota Metro Qomaru Zaman,Kadis Pora Kota Metro Tri Hendri, Dandim 0411/KM dan OPD Pemkot Metro. (Gun)