Ribuan Siswa PAUD dan TK Serbu GSG Taman Kehati Mesuji

DL/Mesuji/11022023

---- Ribuan siswa tingkat sekolah Paud dan TK se-Kabupaten Mesuji yang didampingi orang tua dan guru memadati gedung serba guna (GSG) Taman Kehati, di Desa Mekar Sari, Kecamatan Tanjung Raya, untuk mengikuti kegiatan berkreasi mewarnai dan Bazar UMKM, Sabtu 11 Pebruari 2023.

Ketua panitia pelaksana kegiatan Andik Sudibyo dalam sambutannya menyampaikan, bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini taklain untuk mengasah kemampuan serta meningkatkan mental anak usia dini. Disamping itu, dapat melihat sejauh mana kemampuan berekspresi dan mewarnai.

"Selain itu, pada kesempatan ini kami juga mengedukasi pengetahuan orang tua tentang seks anak usia dini. Sehingga diharapkan kasus pelecehan seksual dapat kita atasi dari anak usia dini. Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pemaparan tentang gizi dan perkembangan anak dari ahli gizi guna memperkecil angka stunting di Mesuji,” Kata Andik.


Masih menurut Andik, selain kegiatan berkreasi mewarnai, juga dilaksanakan kegiatan bazar UMKM yang menjajakan produk-produk unggulan hasil usaha lokal UMKM Mesuji.

Kegiatan ini kerjasama dengan beberapa organisasi perangkat daerah yang ada di lingkup pemerintahan Kabupaten Mesuji, antara lain Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata, Dinas Kominfo, Dinas PPKB, Dinas Perpustakaan dan Arsip, Bapenda, dan Ikatan Guru Taman Kanak-kanak (IGTK) se-Kabupaten Mesuji.

“Alhamdulillah, kegiatan hari ini berjalan lancar sesuai rencana, diikuti 105 PAUD dan TK yang ada di Mesuji,” tambahnya.

Dalam arahannya, Bunda PAUD Kabupaten Mesuji, Pori Karlia Sulpakar menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia pelaksana dan jajarannya yang sudah melaksanakan kegiatan tersebut dengan baik dan juga kepada guru dan orang tua peserta yang hadir pada hari ini.

"Saya sampaikan kepada orang tua agar selalu menjaga anaknya dengan baik, bimbing dan awasi mereka serta beri pemahaman dan pengetahuan kepada anak-anak dengan cara selalu berkomunikasi yang baik. Sebab, anak-anak ini adalah calon generasi penerus kita dan yang akan menggantikan kita kelak, mereka merupakan aset yang sangat berharga yang harus kita didik dan kita jaga," Ujar Pori Karlia Sulpakar.

Selain itu lanjut Pori, perhatikan dan cermati pemenuhan gizi makanan terhadap anak-anak secara rutin dan berkelanjutan. “Hal ini penting dan harus menjadi perhatian kita khususnya para orang tua, karena pencegahan stunting dimulai dari lingkungan terdekat yaitu lingkungan keluarga,” imbuhnya.

Rencananya, kegiatan ini akan rutin digelar setiap tahunnya agar bisa menjadi sarana edukasi dan mendukung program pemerintah kabupaten Mesuji dalam rangka mengatasi Stunting. Tampak Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Pokja PAUD Kabupaten Mesuji Chosiatun Syamsudin. (Sup)