Parosil Resmikan Klinik Rawat Inap Pratama Di BNS Lambar

DL/28082022/LAMPUNG BARAT

--- Bupati Lampung Barat (Lambar) Parosil Mabsus meresmikan Klinik Rawat Inap Pratama Suoh Medikal Center (SMC) di Pekon Bandar Agung Kecamatan Bandar Negeri Suoh (BNS), Minggu 28 Agustus 2022.

Klinik tersebut merupakan klinik rawat inap Pratama satu-satunya di Lambar, yang didirikan oleh dr. Yanuari Sutomo bersama istrinya Pipit Wiyarsih, S.Si.T. Saat ini klinik rawat inap pratama SMC memiliki IGD 24 jam, tujuh ruang rawat inap, poli umum, poli KIA/KB, ruang persalinan, apotek, dan laboratorium.

Fasilitas lainnya dari klinik rawat inap pratama SMC ini adalah desain klinik yang sesuai protokol kesehatan, adannya ruang tunggu yang cukup luas, sehingga tidak menyebabkan kerumunan. Desain klinik ini juga telah memenuhi syarat sesuai Permenkes No. 9 tahun 2014 tentang klinik dan memiliki izin operasional.


Klinik tersebut didirikan dengan tujuan untuk mempermudah memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat khususnya yang berada di wilayah Kecamatan BNS dan Suoh, mengingat jarak tempuh menuju rumah sakit (RS) membutuhkan waktu dua hingga empat jam.

Bupati Parosil Mabsus saat meresmikan klinik rawat inap pratama Suoh Medikal Center, berpesan kepada pemilik (Bidan Pipit) agar mengedepankan rasa kemanusiaan.

Rasa kemanusiaan yang dimaksud Parosil ialah dapat membantu masyarkat yang membutuhkan pertolongan dan perawatan dengan baik serta sepenuh hati.

Parosil pun menyanjung inisiatif Bidan Pipit, sebab inisiatifnya itu ditujukan untuk mendukung program Pemkab Lambar, yakni menjadikan Kabupaten sehat, hebat dan sejahtera.

Parosil juga berpesan terhadap tenaga medis yang ada di klinik tersebut untuk mengutamakan pelayanan yang humanis.

"Tidak semua orang sakit itu sembuh karena obat, tetapi bisa juga sembuh karena senyuman dan pelayanan yang baik. Karena itu terkait psikologis, atau psikis," ujar Parosil.

Terakhir, Parosil meminta masyarakat tidak hanya menjadikan klinik sebagai tempat berobat saja, tetapi dapat digunakan sebagai tempat konsultasi terkait kesehatan.

Sementara itu, pemilik Klinik Rawat Inap Pratama SMC Pipit Wiyarsih menuturkan, Klinik Rawat Inap Pratama Suoh Medikal Center saat ini memiliki dua orang dokter (dr. Yanuari Sutomo dan dr. Piku Handani), enam orang perawat, tiga orang bidan, satu orang apoteker, satu orang asisten apoteker dan didukung oleh tenaga lainnya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Untuk pelayanan yang kami berikan yakni Unit Gawat Darurat (UGD) 24 jam, Rawat Inap, Poli Umum, Poli KIA/KB, Persalinan, Khitan, Apotek dan Laboratorium, sementara untuk Rontgen dan USG belum ada, tetapi kedepannya Insya Allah ada," tutur Pipit.

Pipit menjelaskan, Klinik yang ia pimpin juga telah bekerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS), sehingga masyarakat yang memiliki kartu BPJS bisa mendapatkan pelayanan kesehatan di klinik tersebut.

"Suoh Medikal Center merupakan satu-satunya klinik rawat inap Pratama di Lambar. Target kami kedepan akan menjadi klinik rawat inap utama, dan kami terus melakukan pembenahan serta berupaya menambah tenaga dokter khususnya dokter spesialis untuk mencapai target tersebut," tandasnya.

Turut hadir pada peresmian klinik tersebut, Ketua TP-PKK Lambar Partinia Parosil Mabsus serta didampingi sejumlah kepala perangkat daerah Lambar.

Bersamaan dengan peresmian, klinik tersebut juga mengadakan pelayanan pengobatan gratis untuk masyarakat, sunatan massal dan juga pemberian santunan anak yatim. (Igun)