Hendro Sugiatno: Kami Lihat Lokasi Dermaga yang Diusulkan Gubernur Lampung

DL/11082022/Mesuji

---- Mantan Kapolda Lampung Hendro Sugitano, yang saat ini menjabat sebagai Direktur Jendral Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan Republik Indonesia mengunjungi lokasi Calon Dermaga Tanah Merah,Desa Sidang Muara Jaya,Kecamatan Rawa Jitu Utara yang didampingi Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar, Selasa  9 Agustus 2022.

Hendro menegaskan bahwa kunjungannya ke lokasi Dermaga Eks Dermaga Dipasena Citra Dermaga (DCD) ini atas permintaan Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi.

Menurut Hendro, rencananya lokasi ini diperuntukkan sebagai Dermaga komoditas pangan yang akan memasok bahan pangan antar pulau di Indonesia tersebut.

“Saat ini kita lihat dulu lokasi yang diusulkan oleh pak Gubernur untuk dibangun sebagai dermaga oleh pemerintah Provinsi Lampung,” terang Hendro.

Terkait jalan rusak sepanjang akses ke dermaga, Hendro menegaskan bahwa jalan ini pasti akan diperbaiki sesuai dengan kebutuhannya jika memang nantinya dermaga terbangun. “Maka ruas jalan tersebut menjadi penting. Kalau tidak diperbaiki dermaganya kan sepi. Jadi nanti kita lihat dulu lah ya,” terangnya.


Di tempat yang sama Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, Bambang Sumbogo di hadapan Dirjen mengatakan bahwa pembagunan dermaga yang digagas Gubernur Lampung ini nantinya diharapkan mampu memperkuat ketahanan pangan Provinsi Lampung.

"Melalui dermaga ini nantinya provinsi Lampung bisa mengirimkan komoditas pangan ke beberapa provinsi yang bersepadan dengan provinsi Lampung, misalnya  provinsi Bangka, Palembang dan Jambi bahkan hingga pulau Jawa,” terangnya.

Karena, lanjut Bambang, bukan tanpa alasan Provinsi Lampung mampu memasok pangan ke luar provinsi, karena untuk diketahui secara nasional Provinsi Lampung menempati urutan ketiga penghasil Padi.

Terpisah, Penjabat Bupati Mesuji Sulpakar mengaku mendukung gagasan Gubenur Lampung Arinal Djunaidi untuk membangun dermaga Tanah Merah yang ada di Kabupaten Mesuji.

“Kami menyambut baik apa yang menjadi prioritas pembagunan Pemerintah Provinsi Lampung, dan semampunya pemerintah daerah akan mensukseskan kegiatan pemerintah provinsi,” terang Sulpakar.

Hadir dan mendampingi Dirjen Transportasi Darat tersebut antara lain, Direktur Transportasi Sungai danau Penyebrangan, Junaedi, Kepala Balai Pengelola Transfortasi Darat Wilayah VI Bengkulu-Lampung, beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah Pemkab Mesuji, Camat dan Kepala Desa di wilayah Kecamatan Rawa Jitu Utara. (sup)