SIWO Pusat Kunjungi Venue Porwanas di Malang, Ini Pesan Ari Wangsa

SPORT/Malang/05072022

----- Pengurus Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat melakukan kunjungan kerja ke Jawa Timur untuk melihat dari dekat kesiapan tuan rumah dalam penyediaan venue untuk Pekan Olahraga Wartawan Nasional (Porwanas) 2022,.

Ketua SIWO PWI Pusat, Gungde Ariwangsa bersama rombongan di Malang Raya memastikan beberapa venue yang disiapkan SIWO Jawa Timur layak untuk tempat pertandingan.

"Kami kunker ke Malang Raya, selain meninjau venue atau tempat pertandingan cabang olahraga (cabor). Juga memastikan kesiapan SIWO PWI Jatim, dibantu SIWO PWI Malang Raya. Sejauh mana pematangan dan pemantapan dalam kesiapannya. Bermaksud agar pelaksanaan Porwanas lebih sukses nantinya," ungkap Bang Ari sapaan Ketua SIWO PWI Pusat, Selasa 5 Juli 2022.

Di Malang Raya yang didampingi SIWO PWI Jatim, dan SIWO PWI Malang Raya, Ari Wangsa dan rombongan melihat dan menilai kesiapan pematangan dan pemantapan dari PWI daerah.

"Kami pun melihat venue yang ditunjukkannya, seperti di Kota Wisata Batu (Selecta) untuk cabang olahraga Catur dan Bridge serta Tennis Meja maupun Tenis Lapangan. Kami menilai ini sangat representatif, tinggal menyesuaikan sekretariat dan penginapannya saja," tambah Ari.

Sebelum meninjau ke Kota Batu, rombongan meninjau venue cabor Futsal dan Bulutangkis yang ada di Unggul Sport di kawasan Karanglo, Kabupaten Malang. Rombongan SIWO Pusat yang terdiri dari Ari Wangsa, Suryansyah, Setyawati Wina dan Andi, menilai venue ini sangat representatif dan rencananya dipersiapkan untuk laga semifinal.

"Akan tetapi, kita masih membutuhkan venue Futsal tambahan. Sehingga langsung meninjau di kawasan Sukarno Hatta (Sudimoro), terpantau bisa digunakan untuk Porwanas nanti," ujarnya.

Dalam kesimpulannya, Ari Wangsa mengatakan bahwa seluruh venue yang ditinjau memenuhi kriteria dan daerah tinggal mematangkan serta memantapkan berupa koordinasi secara berkelanjutan dan berkesinambungan. "Dibantu SIWO PWI Malang Raya, kami akan mematangkan lebih mantap lagi teknisnya," ungkapnya.

Persiapan Entry By Number

Pada kesempatan itu, Ketua SIWO PWI Jatim, Erwin Muhammad menambahkan, untuk persiapan Porwanas SIWO Jatim sebagai tuan rumah telah mengintensifkan dengan beberapa pihak terkait. Salah satunya dengan Dispora, melalui cabor yang akan dipertandingkan.

"Kami bersama SIWO PWI Pusat terus berkoordinasi, guna memastikan venue semuanya mesti dipersiapkan dan dimantapkan. Ada 10 cabor, seperti Bridge, Catur, Tennis Meja dan Lapangan, Bulutangkis, Sepakbola, E-Sport, Biliar, Atletik dan Futsal. Kami siapkan di Malang Raya," tambah Erwin.

Persiapan pelaksanaan Porwanas November 2022, sambungnya, sejauh ini masih tahapan pematangan koordinasi secara intensif dengan PWI Pusat maupun Malang Raya.

"Porwanas ajang silaturahmi dan berprestasi, termasuk pemberdayaan nilai ekonomi masyarakat. Disisi lainnya, Porwanas berkeinginan menggugah lagi animo masyarakat dalam berolahraga. Sejauh ini cabor Tennis Meja mengalami penurunan, kita tumbuhkan lagi semangatnya di masyarakat," ujar Erwin.

Menurut dia, olahraga terbaru yang patut digaungkan dan disosialisasikan lebih jauh lagi adalah Elektronic Sport (E-Sport) seperti mobile legend, PUBG dan PES 4 atau sepakbola online.

“Dalam waktu dekat kami punya tugas penting untuk menyelesaikan secepatnya tentang Verifikasi entry by name dan entry by number, serta keabsahan atlet. Dan khusus soal atlet yakni murni anggota PWI dan lulus uji kompetensi wartawan. Estimasinya mencapai 3.500 orang bakal bertanding. Di luar anggota PWI dan belum mengantongi UKW, belum diberikan kesempatan bertanding," cetusnya. (jul/tim)